Malaysia Terbuka 2023: Dahsyat, Gregoria Kirim Pulang He Bing Jiao

Arena263 Views

JAKARTA — Dahsyat! Gregoria Mariska Tunjung tampil apik dan cantik di laga pembuka turnamen bulu tangkis Malaysia Terbuka 2023. Pemain tunggal putri kelahiran Wonogiri, Jawa Tengah, ini berhasil memetik kemenangan pertama atas He Bing Jiao sekaligus memastikan pemain asal Cina pulang lebih awal ke negaranya.

Bertarung pada laga pembuka turnamen berhadiah total 1,25 juta dolar AS di Axiata Arena, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (10/1) pagi, Gregoria tak hanya tampil ciamik dan menang dengan 21-11, 21-17 atas pemain peringkat lima dunia itu. Kemenangannya itu juga merupakan sukses pertama Gregoria dalam empat kali pertemuan melawan wakil Negeri Tirai Bambu itu.

“Saya tentu senang dengan kemenangan hari ini atas He Bing Jiao. Ini kemenangan pertama saya dalam empat pertemuan. Meskipun begitu, saya tidak boleh terlalu puas karena masih ada pertandingan selanjutnya,” ujar Gregoria, seperti dikutip Tim Humas dan Media PBSI.

Sebelum tanding di ajang level BWF World Tour Super 1000 ini, menilik rekor pertemuan kedua pemain, Juara Dunia Junior 2017 itu kalah 0-3 dari He Bing Jiao. Terakhir Gregoria kalah di Denmark Terbuka 2022.

Menurut Gregoria, saat memilih lapangan, sebenarnya He Bing Jiao berada di posisi menang angin. Tetapi lawan terlihat ragu dan malah tidak yakin. Serangan-serangannya yang layak diwaspadai, juga malah tidak keluar.

“Kunci kemenangan kali ini, lawan di gim pertama memang tidak mampu mengontrol permainan dengan baik. Sementara saya bisa bermain baik. Kesempatan itu saya manfaatkan sebaik mungkin. Lawan juga sedikit ada pressure sehingga kurang berkembang permainannya,” tutur Gregoria.

Ditambahkan oleh pemain rangking 15 dunia ini, tampil di Malaysia Terbuka adalah turnamen pertama di awal tahun ini. Dirinya memang tidak memiliki target secara spesifik. Dia hanya ingin menikmati permainan dan menampilkan performa terbaik setiap tampil.

Topik Lain :  Swiss Terbuka 2022: Kesempatan Rinov/Pitha Menuntut Balas pada Ellis/Smith

“Harapan saya tahun ini ada titel juara yang bisa saya dapatkan. Selain itu, saya ingin meningkatkan rangking dunia. Semoga di akhir tahun ini bisa masuk 10 besar dunia,” harap Gregoria.

Ditambahkannya, dengan performa yang makin meningkat, dirinya berharap bisa menjaga momentum ini dengan baik. “Tampil di sini semoga bisa meningkatkan keyakinan dan kepercayaan diri. Apalagi di sini banyak yang mendukung saya,” tutup Gregoria.

Kemenangan juga diraih pasangan ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi. Mereka sukses mengalahkan Margot Lambert/Anne Tran (Prancis), 21-16, 21-15.

“Senang bisa menang di partai pembuka, tapi harus lebih baik di pertandingan selanjutnya. Kami harus bisa bermain lebih baik dan lebih siap lagi. Permainan kami harus lebih bervariasi dan harus bisa mengontrol arah angin,” ujar Ana, sapaan Febriana usai laga.

“Besok kami akan melawan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Kami besok akan main tanpa beban dan tidak boleh ada rasa takut duluan. Harus berani lawan mereka,” tegas Ana.