Berubah Lagi, DPR akan Fit and Proper Test Calon Anggota KPU-Bawaslu 14-17 Februari

Nasional212 Views

JAKARTA — Kapan uji kepatutan dan kelayakan calon anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 masih belum jelas. “Jadwal sementara uji kelayakan calon anggota KPU dan Bawaslu akan dilaksanakan pada 14-17 Februari 2022,” kata Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Junimart Girsang di Jakarta, Rabu (02/02/2022).

Menurut Junimart, Komisi II DPR pada Senin (7/2) akan melaksanakan rapat internal untuk membahas teknis uji kelayakan. Jadwal uji kepatutan dan kelayakan, lanjut dia, diambil atas beberapa pertimbangan khususnya terkait padatnya acara yang ada di Komisi II DPR.

“Pertimbangannya karena padatnya acara di Komisi II DPR terkait pembahasan enam Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Provinsi yaitu Provinsi Bali, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Sumatra Barat, Provinsi Riau dan Provinsi Jambi,” sebut Junimart. Selain itu, Komisi II DPR RI juga sedang menyusun RUU tentang provinsi baru khusus pemekaran Papua.

Sebelumnya, anggota Komisi II DPR RI, Rifqinizami Karsayuda, seperti dikutip sejumlah media dari Kantor Berita Antara, Jumat (28/1/2022), mengungkapkan uji kelayakan dan kepatutan tersebut akan dilaksanakan pada 7-9 Februari.

Tim seleksi bentukan Presiden menyampaikan 14 nama calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu RI periode 2022-2027 hasil penyeleksian ke Presiden Joko Widodo, Kamis (06/01/2022). Dari Presiden selanjutnya disampaikan ke DPR untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan. Dari sinilah akan dipilih 7 anggota KPU dan 5 anggota Bawaslu masa bakti lima tahun ke depan.

Keempat belas nama calon anggota KPU yaitu, August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Dahliah, Hasyim Asy’ari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Idham Holik, Iffa Rosita, Iwan Rompo Banne, Mochammad Afifuddin, Muchamad Ali Safa’at, Parsadaan Harahap, Viryan, Yessy Yatty Momongan, dan Yulianto Sudrajat.

Topik Lain :  H-3 Lebaran 2024, Konsumsi Seluruh BBM Pertamina Naik, Pertamax Naik Paling Tinggi

Sedangkan, kesepuluh calon komisioner Bawaslu yaitu, Aditya Perdana, Andi Tenri Sompa, Fritz Edward Siregar, Herwyn Jefler Hielsa Malonda, Lolly Suhenty, Mardiana Rusli, Puadi, Rahmat Bagja, Subair, dan Totok Hariyono.