Kemungkinan Mobil Listrik Terbakar Lebih Kecil Dibandingkan Mobil Bertenaga Gas

Otomotif170 Views
GITULAH.COM – Laporan sesekali tentang mobil listrik yang terbakar telah menjadi berita, yang pada gilirannya menyebabkan beberapa pengamat otomotif menyimpulkan bahwa mobil listrik lebih mungkin terbakar dibandingkan kendaraan berbahan bakar internal. Ada banyak alasan untuk hal ini, mulai dari argumen yang dibuat dengan itikad buruk oleh orang-orang yang menentang kendaraan listrik hingga liputan media yang lebih luas yang membahas kendaraan listrik yang terbakar dibandingkan dengan situasi serupa yang melibatkan kendaraan bertenaga gas.

Ternyata, jika Anda melihat gambaran yang lebih besar, kemungkinan terjadinya kebakaran pada mobil listrik jauh lebih rendah dibandingkan mobil atau truk bertenaga gas. Hal ini adalah sesuatu yang relatif sering ditunjukkan oleh publikasi yang meliput industri otomotif — termasuk Autoweek pada bulan Agustus ini .

Sekarang, contoh yang sangat komprehensif dari investigasi semacam ini telah dipublikasikan, dari Jasper Jolly di The Guardian . Jolly mengevaluasi data dari sejumlah sumber dan sampai pada kesimpulan yang jelas: “kemungkinan terbakarnya kendaraan listrik secara keseluruhan tampaknya jauh lebih rendah dibandingkan mobil berbahan bakar bensin atau solar, berdasarkan data yang tersedia saat ini.”

Jolly mengutip data dari Norwegia, Swedia dan Australia, yang semuanya menghasilkan kesimpulan yang sama: mobil atau truk listrik Anda jauh lebih kecil kemungkinannya untuk terbakar dibandingkan kendaraan pembakaran internal serupa.

Dalam melaporkan masalah ini, Jolly mencatat satu peringatan: kebakaran pada kendaraan listrik tampaknya lebih buruk daripada kebakaran pada kendaraan pembakaran internal. Namun ada dua peringatan dalam peringatan itu. Jolly mencatat adanya perpaduan antara kebakaran mobil listrik dan kebakaran yang lebih dahsyat yang terjadi di sekitar sepeda listrik dan skuter; peringatan lainnya adalah pemadam kebakaran masih mengembangkan cara terbaik untuk menangani mobil listrik yang terbakar.

Topik Lain :  Riset: Mobil Listrik Miliki Hampir 80% Lebih Banyak Masalah Dibandingkan Mobil Berbahan Bakar Gas

Meskipun demikian, datanya cukup jelas: jika kendaraan Anda yang berpotensi terbakar adalah hambatan yang menghalangi Anda untuk membeli kendaraan listrik, Anda tidak perlu terlalu khawatir seperti yang Anda bayangkan.