Rebut Peringkat Tiga di AFF U16, Erick Thohir Bangga dan Ingatkan Introspeksi Diri

Arena, Sepak Bola125 Views

GITULAH.COM – Timnas Garuda Muda meninggalkan gelanggang ASEAN Boys 16 Championships dengan kepala tegak. Zahaby Gholy dkk meraih peringkat ketiga di ajang yang kerap disebut, AFF U-16 setelah menang telak, 5-0 atas Vietnam U-16 di Stadion Manahan, Solo, Rabu (2/7).

Ketua umum PSSI, Erick Thohir menyambut positif kemenangan Garuda Muda yang mampu bangkit usai gagal melangkah ke babak final setelah dikalahkan Australia dalam partai semifinal dramatis, Senin lalu dengan skor, 3-5.

“Saya bangga Tim Nasional U-16 menang lawan Vietnam dengan jumlah gol yang besar. Namun, kita jangan menjadi besar kepala. Justru kekalahan dari Australia kemarin harus jadi bagian dari introspeksi diri, baik dari pemain maupun pelatih. Apalagi kita masuk ke kejuaraan ini sebagai juara bertahan,” ujar Erick Thohir.

Ia menambahkan gelar ketiga di AFF U16 2024 dan kemenangan besar yang dicetak Timnas muda ini menjadi modal menuju pertandingan di bulan Oktober melawan Kuwait, Kepulauan Mariana Utara, dan Australia. “Di laga-laga itu, kita harus membuktikan bahwa Timnas kita lebih baik dari hari ini. Bisa bangkit dari kekalahan, lalu cetak gol banyak, menunjukkan kita punya mental pemenang,” jelasnya.

Topik Lain :  Popsivo Polwan Kalahkan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia

Sejak awal laga, Timnas U-16 mendominasi permainan. Serangan-serangan yang dilancarkan membuat Vietnam agak kesulitan. Timnas U-16 akhirnya mencetak gol di menit 45. Menerima umpan terobosan dari Fandi Ahmad, Gholy melepas sepakan datar yang bersarang di jala Vietnam. Timnas U-16 Indonesia mencetak gol kedua di menit 45+4. Mendapat umpan dari Josh Holong, Dafa Zaidan melepas sepakan datar di bibir kotak penalti, bola meluncur masuk gawang tanpa bisa diadang kiper Vietnam. Babak pertama berakhir 2-0.

Di babak kedua, Timnas U-16 mencetak gol ketiga di menit 76. Daniel Alfrido (pengganti Fandi) menggocek kapten Vietnam, lalu melepas sepakan datar terukur di kotak penalti, bola berakhir di gawang Vietnam. Pada menit ke-78, gol keempat Timnas U-16 tercipta. Mierza Firjatullah (pengganti Josh) melakukan penetrasi hingga kotak penalti lalu melepas umpan tarik datar, bola ditendang Gholy masuk gawang Vietnam. Timnas U-16 mencetak gol kelima di menit 82. Menyambut umpan Mierza, Alfrido kembali menceploskan bola ke gawang Vietnam. Skor 5-0 bertahan hingga akhir pertandingan.