Hadapi Risiko Geopolitik Global, PGN Optimalkan Produk LNG

Bisnis99 Views

GITULAH.COM – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), subholding Gas PT Pertamina (Persero), menjalankan inisiatif untuk mengoptimalkan produk gas alam cair (LNG). Selain dalam rangka memenuhi kebutuhan industri di tengah terus menurunnya produksi gas bumi, penetrasi produk energi masa depan ini juga menjadi bagian dari strategi untuk tetap tangguh menghadapi risiko geopolitik global yang sedang terjadi.

”Ada satu inisiatif yang saat ini sedang PGN dorong yaitu melakukan penetrasi pasar dengan LNG. Tentu ini perlu menjadi pertimbangan industri apabila ada kebutuhan industri yang tidak terpenuhi melalui gas pipa,” ungkap Direktur Strategi & Pengembangan Bisnis PGN, Rosa Permata Sari, 26/4/2024.

Menurutnya, ini bentuk antisipasi atas tantangan natural decline (penurunan produksi alami gas bumi) yang terjadi, dan sebagai bagian dari komitmen PGN sebagai energy provider untuk tetap membantu pemenuhan kebutuhan energi para pelanggan, terutama dalam hal ini adalah sektor industri. Sehingga diharapkan bisa tetap tumbuh di tengah dinamika yang terjadi saat ini.

Topik Lain :  Pertamina Usul Pertamax Green 92 Disubsidi

Di banyak negara, LNG telah digunakan sebagai alternatif energi yang memainkan peran penting terhadap sektor industri dan berdampak positif kepada negara. Melalui pengelolaan dan optimalisasi yang tepat, LNG juga menjadi sumber energi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan untuk mendukung menuju Target Net Zero Emission di tahun 2060.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso menambahkan, inisiatif PGN dalam penetrasi pasar sumber energi bersih LNG ini mengukuhkan peran Pertamina dalam menjaga ketahanan energi nasional, sekaligus mendukung transisi energi dan target dekarbonisasi. “LNG juga diharapkan dapat menjadi alternatif energi untuk memitigasi dinamika industri dan geopolitik yang fluktuatif,” ujar Fadjar.