Buntut Koster dan Ganjar Tolak Tim Israel, Sekjen PDIP Sebut Rakyat Mencari Pemimpin yang Kokoh

Nasional, Politik404 Views

GITULAH.COM — Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan penolakan kedua gubernur dari partainya yakni I Wayan Koster (Bali) dan Ganjar Pranowo (Jawa Tengah) terhadap kehadiran tim Israel di Piala Dunia U-20 merupakan keputusan yang tepat.

Sebagaimana diketahui, FIFA pada Rabu (29/3) telah mengambil keputusan membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Keputusan itu dirilis oleh badan sepak bola internasional tersebut setelah Presiden FIFA Gianni Infantino bertemu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Doha, Qatar.

Bali dan Jawa Tengah menjadi wilayah dilaksanakan perhelatan akbar sepak bola dunia junior itu yakni Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar dan Stadion Manahan di Solo. Bahkan, undi grup

“Penolakan tim Israel bermain di Piala Dunia U-20 merupakan keputusan yang baik dan sudah tepat. Ini karena memang sejalan dengan alasan kemanusiaan [terhadap bangsa Palestina yang dijajah Israel],” kata Hasto di depan forum Election Talk “Ke Mana Arah Politik Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2024” yang diselenggarakan Departemen Ilmu Politik FISIP UI di Depok, Jawa Barat, Kamis (30/3).

Menurut Hasto, sikap kedua gubernur PDIP  adalah juga sikap partainya dan itu justru menjadi ujian bagi mereka. “Seorang pemimpin itu harus diuji, karena rakyat juga mencari pemimpin yang kokoh.,” tegasnya.

Hasto mengungkapkan hal itu saat menjadi pembicara kedua setelah Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (ProJo) Budi Arie Setiadi yang juga Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah tertinggal, dan Transmigrasi. Pembicara lainnya yakni Ketua Fraksi PKB di DPR Cucun Ahmad Syamsurijal dan Juru Bicara PKS Pipin Sopian.

Hasto menegaskan kembali sikap partainya tersebut dalam jumpa media di GBK Senayan, Jakarta. Diakui dia, sikap kokoh itu bisa saja membawa konsekuensi terhadap elektoral kedua kader tersebut maupun PDIP secara umum.

Topik Lain :  PWI Depok Gelar Roadshow Workshop Penulisan Lingkungan Hidup untuk Wartawan

“Bahwa itu mengandung suatu konsekuensi atas sikap kader PDIP, ya itu harus kami terima,” katanya.