WHO dan John Hopkins Puji Penanganan Covid-19 Indonesia yang Terbaik

Nasional292 Views

GITULAH.COM – Penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia, yang sempat merontokkan seluruh aspek kehidupan, mendapat pujian dari dua lembaga internasional, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan John Hopkins University. Penanganan pandemi di Indonesia dinilai sebagai yang terbaik di dunia.

Penilaian tersebut diungkap Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan sambutan dalam penyerahan penghargaan pada berbagai pihak yang berkontribusi dan bekerja keras dalam penanganan pandemi Covid-19 di tanah air. Penyerahan penghargaan digelar di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (20/03).

“Di bulan Juni 2022, Dirjen WHO Tedros Adhanom menyampaikan bahwa penanganan Covid-19 di Indonesia termasuk yang terbaik dan cakupan vaksinasinya juga masuk yang terbaik. Yang ngomong bukan kita, yang ngomong adalah Dirjen WHO. Lalu, pada September 2021, Johns Hopkins University juga menyampaikan Indonesia sebagai one of the best in the world dalam menurunkan kasus Covid-19. Yang ngomong juga bukan kita, bukan kita yang ngomong, mereka yang berbicara,” ujar Jokowi dilansir situs resmi Sekretariat Kabinet.

Keduanya menyatakan penanganan Indonesia termasuk yang paling baik. Penilaian tersebut dijelaskan didasari sejumlah indikator seperti cakupan vaksinasi yang masif, angka penurunan yang signifikan, berhasil menekan angka penularan, menekan angka kematian, berhasil menjaga stabilitas politik, dan menjaga stabilitas perekonomian.

Topik Lain :  Dinkes Depok Tegaskan Vaksinasi Covid-19 tidak Batalkan Puasa

Semua kesuksesan itu, lanjut Jokowi, dilakukan dengan kolaborasi antarpemangku kepentingan di dalam negeri secara masif. Seluruh pemangku kepentingan bekerja keras dalam mengantisipasi merebaknya wabah global COVID-19 yang melanda berbagai pelosok tanah air. “Keberhasilan itu adalah kerja keras seluruh komponen bangsa,” kata Presiden.

Banyak dari pemangku kepentingan yang berjuang melampaui tugas dan fungsinya. Kemudian, juga mempertaruhkan keselamatan jiwa untuk bertugas menjadi relawan selama berjuang mengatasi pandemi yang terjadi dalam dua tahun belakangan. Dengan semangat mengatasi pandemi yang bergelora itu pun, para pemangku kepentingan tersebut menciptakan kekuatan besar yang diimplementasikan dalam penanganan wabah global itu. Hasilnya setiap program penanganan wabah dapat memberikan dampak yang positif.

“Penanganan wabah COVID-19 betul-betul menunjukkan betapa besar kekuatan kita yang luar biasa,” tegas Jokowi.