KAI Dukung Mudik Gratis Melalui Moda Transportasi Kereta Api

Nasional210 Views

JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) mendukung program mudik gratis yang diselenggarakan oleh berbagai pihak dalam rangka memberikan pelayanan mudik yang nyaman kepada masyarakat.

Yang pertama, ada program Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 yang menyediakan total 15.130 tempat duduk KA Jarak Jauh. Mudik Gratis ini diselenggarakan oleh Kementerian BUMN dan BUMN yaitu Jasa Raharja dan KAI.

KAI sendiri menyediakan sebanyak 470 tempat duduk untuk mudik gratis pada program ini menggunakan KA Tawang Jawa Tambahan relasi Pasar Senen – Semarang Poncol keberangkatan 27 April 2022. Respons masyarakat sangat baik, terlihat dengan okupansinya yang telah terisi 100%. 

“KAI mendukung program mudik bareng dengan kereta api yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan Jasa Raharja ini. Program ini merupakan kolaborasi antar-BUMN untuk melayani masyarakat yang ingin pulang ke kampung halamannya dengan perjalanan yang nyaman,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, dalam keterangan media, Jumat (29/4).

Secara keseluruhan, pada mudik gratis BUMN ini, KAI mengoperasikan 24 perjalanan KA dengan periode keberangkatan 27 April s.d 1 Mei 2022. Terdapat perjalanan KA dari Stasiun Pasar Senen menuju ke berbagai kota seperti Semarang, Surabaya, Malang, Solo, Yogyakarta, Jombang, dan Blitar. Adapun KA-KA yang KAI sediakan untuk kegiatan mudik bareng ini di antaranya Tawang Jaya (Pasar Senen – Semarang Poncol), Kertajaya (Pasar Senen – Surabaya Pasarturi), Jayabaya (Pasar Senen – Malang), Fajar Utama Solo (Pasar Senen – Solo Balapan), dan lainnya.

Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan, program Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 merupakan bentuk mudik yang aman, bertanggung jawab dan sehat.

“Aman, karena mengalihkan puluhan ribu pengguna kendaraan terutama sepeda motor dari jalan raya ke moda transportasi umum seperti bus dan kereta api yang terkoordinir. Sehat, karena para pemudik telah melengkapi diri dengan vaksinasi Covid-19 dosis 3 dan kami menerapkan protokol kesehatan untuk memastikan pemudik pulang dalam keadaan sehat dan tidak menularkan virus Covid-19 di tempat tujuannya,” kata Erick.

Topik Lain :  Perludem: Diperlukan Komitmen DPR Wujudkan Minimal 30 Persen Perempuan di Keanggotaan KPU dan Bawaslu

Selain itu, KAI juga mendukung program mudik gratis oleh Bank BRI. KAI melayani 100 peserta Mudik Asyik Bareng Brimo menggunakan KA Tambahan Gambir-Solo keberangkatan 29 April. Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengatakan, Kereta api dipilih sebagai moda transportasi untuk mudik gratis karena lebih aman, nyaman, serta mengurangi kepadatan lalu lintas dari banyaknya pengguna kendaraan pribadi.

Kemudian, KAI juga memfasilitasi program Mudik Gratis Pemprov Jateng menggunakan KA Tawang Jaya Premium (Pasar Senen – Semarang Tawang) keberangkatan 29 April untuk 320 peserta. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang juga turut dalam rombongan mudik mengatakan, mudik menggunakan kereta api jauh lebih aman dan nyaman karena tidak perlu terjebak macet atau mengantre di pintu-pintu tol.

Untuk menjadikan perjalanan kereta api yang sehat dan nyaman, para peserta mudik gratis juga tetap mematuhi persyaratan naik KA seperti pelanggan pada umumnya sesuai dengan SE Kementerian Perhubungan Nomor 39 dan 49 Tahun 2022.