Swiss Terbuka 2022: Rinov/Pitha Kalah Lagi, Adnan/Mychelle Jegal Praveen/Melati

Arena261 Views

JAKARTA — Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari kembali tak berdaya di tangan Marcus Ellis/Laurent Smith. Mereka kali ini harus mengakui keunggulan ganda campuran asal Inggris itu di babak pertama Swiss Terbuka di Basel, Swiss, Selasa (22/03/2022) atau Rabu dinihari WIB.

Rinov/Pitha yang pada 2019 mampu mencapai final turnamen Super 300 BWF World Tour berhadiah total 18 ribu dolar AS (sekitar Rp2,7 miliar) ini, kalah 14-21, 19-21. Ini merupakan kekalahan ketiga mereka secara beruntun dari Ellis/Smith dalam tiga pekan terakhir.

Sebelumnya, Rinov/Pitha menyerah kepada Ellis/Smith di Jerman Terbuka dua pekan lalu. Kemudian kalah lagi dari lawan yang sama di All England pekan lalu.

Capaian berbeda dihasilkan oleh Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso. Mereka memulai langkah Swiss dengan sukses menaklukkan rekan senegara sekaligus seniornya Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Berlaga pada babak 32 besar yang berlangsung di St. Jakobshalle, Adnan/Mychelle unggul 21-13, 28-26 dalam pertarungan berdurasi 41 menit tersebut. Adnan/Mychelle yang berada di peringkat 30 dunia ini mengaku tidak melakukan persiapan khusus menghadapi laga tersebut.

“Persiapan khusus sih tidak ada. Yang penting harus yakin dari awal,” kata Adnan seperti dikutip dari Tim Humas dan Media PP PBSI.

“Kami hanya mencoba langsung in dengan permainan kami mulai dari angka 0-0,” tambah Mychelle.

Mereka juga mengatakan bahwa permainan Jordan/Melati tidak dalam performa terbaik. Itu yang membuat Adnan/Mychelle lebih percaya diri.

“Dari awal sudah harus langsung in mainnya, mengurangi mati-mati sendiri. Dulu kan latihan bareng cukup lama, jadi kurang lebih sudah tahu kelemahan dan kelebihan masing-masing,” kata Adnan.

Di gim kedua, Adnan/Mychelle beberapa kali saat poin kritis berada di posisi tertinggal. Namun, mereka bisa mendapat momentum untuk membalikkan keadaan.

Topik Lain :  Korea Open 2023: Chico Langsung Tumbang, Gregoria dan Putri KW Dipaksa Main Tiga Gim

“Tadi di gim kedua akhir saling mengingatkan satu sama lain untuk lebih sabar mainnya. Juga siap sambungan-sambungan pukulannya,” ungkap Mychelle.

“Kami sempat tegang juga di poin-poin kritis, beruntung bisa tahan dan membalikkan keadaan. Kami mencoba fokus dan saling memberi semangat partner kalau bikin salah,” ujar Adnan.

Selain Adnan/Mychelle, Indonesia juga meloloskan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati ke babak 16 besar. Rehan/Lisa lolos tanpa bertanding usai lawannya Hoo Pang Ron/Cheah Yee See asal Malaysia memutuskan mundur.

Sedangkan, Dejan/Gloria dikalahkan Jones Rafly Jansen/Linda Efler asal Jerman 17-21, 21-14, 16-21.