Swiss Terbuka 2022: Kesempatan Rinov/Pitha Menuntut Balas pada Ellis/Smith

Arena283 Views

JAKARTA — Turnamen BWF World Tour Super 300 Swiss Terbuka menjadi kesempatan bagi ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menuntus balas pada pasangan Inggris Marcus Ellis/Lauren Smith.

Kedua pasangan akan bertemu di babak pertama turnamen berhadiah total 180 ribu dolar AS (sekitar Rp 2,7 miliar) ini Selasa (22/03/2022) malam waktu Basel, Swiss, atau Rabu dini hari WIB.

Dalam dua pekan terakhir, Rinov/Pitha selalu kalah dari Ellis/Smith. Pekan lalu di All England, pasangan Indonesia peringkat 23 dunia itu menyerah 19-21, 17-21, kepada pasangan peringkat sembilan dunia tersebut.

Sepekan sebelumnya di Jerman Terbuka, Rinov/Pitha menyerah di perempat final kepada Ellis/Smith. Saat itu mereka mampu merebut gim pertama 21-16. Namun, menyerah di gim kedua 16-21, dan akhirnya kalah di gim ketiga 19-21.

Dua kemenangan tersebut membuat Ellis/Smith unggul 2-1 dalam head to head dengan Rinov/Pitha. Sebelumnya, Rinov/Pitha menang atas lawannya itu di perempat final Swiss Terbuka 2019 dengan skor 19-21, 21-14, 21-17.

Rinov/Pitha melaju hingga final Swiss Terbuka 2019 itu. Namun, di partai puncak mereka harus mengakui keunggulan pasangan Denmark Mathias Bay-Smitdk/Rikke Soby 18-21, 21-12, 16-21.

Momen kekalahan tersebut dinobatkan sebagai salah satu pertandingan final terbaik yang terjadi pada tahun 2019 oleh akun Instagram Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

Pelatih pelatnas ganda campuran Nova Widianto menilai penampilan Rinov/Pitha kurang bagus saat bertemu Ellis/Smith di All England. “Mereka dari start sudah tertekan terus padahal biasanya di beberapa pertemuan terakhir start mereka selalu bagus lawan Ellis/Smith,” ungkap Nova, seperti dikutip dari laman resmi PBSI.

“Mainnya agak kurang lepas mungkin karena di pertemuan di Jerman mereka kalah. Tapi segi positifnya dari segi daya juangnya bagus, mereka tidak gampang menyerah,” lanjut Nova.

Topik Lain :  Marcus Jalani Operasi Engkel, The Minions Absen di Korea Terbuka dan Kejuaraan Asia

Selain Rinov/Pitha, pasangan lainnya dari Indonesia yang langsung turun di hari pertama babak utama Selasa atau Rabu dini hari WIB adalah ganda campuran Rehan Naufal Kurharjanto/Lisa Ayu Kusumawati melawan Hoo Pang Ron/Cheah Yee See (Malaysia), Adnan Maulana/Mychelle Chrystine Bandaso menantang unggulan kedua Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang kini dikirim oleh klubnya, PB Djarum.