Anggota KPU dan Bawaslu Sudah Dipilih DPR, Nama-namanya Sesuai dengan yang Beredar sebelum Pemilihan

Nasional178 Views

JAKARTA – Komisi II DPR RI sudah memilih tujuh anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lima anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) periode 2022-2027. Ini setelah mereka melakuan uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test selama tiga hari yang berakhir Rabu (16/02/2022 ) malam.

Hasil uji kepatutan dan kelayakan yang diumumkan Komisi II Rabu malam mengagetkan kalangan media. Sebab, nama-nama yang dipilih sesuai atau sama persis dengan yang sudah beredar via pesan singkat berantai sejak hari pertama fit and proper testdigelar pada Senin (14/02/2022).

Walaupun sempat dibantah oleh pimpinan Komisi II dan mengatakan itu hanya hoaks, namun kenyataannya yang muncul nama-nama tersebut adalah yang sudah beredar dan sampai ke tangan media.

Sebelumnya beredar pesan singkat berantai yang menyebutkan nama anggota KPU dan Bawaslu yang telah disepakati partai koalisi. Selain nama-nama yang dipilih, di situ juga tertulis nama organisasi dan partai yang mendukungnya.

Isi pesan tersebut:

Kesepakatan di partai koalisi per tadi malam (15/02/2022):

KPU: 1. Parsadaan Harahap (HMI/Golkar); 2. Idham Holik (HMI/Nasdem); 3. Betty Epsilon Idroos (HMI/Nasdem); 4. August Mellaz (non-Muslim/PDIP); 5. Yulianto Sudrajat (GMNI/PDIP); 6. Mochammad Afifuddin (PMII/PKB); 7. Hasyim Asy’ari (Ansor/Gerindra).

Bawaslu: 1. Rahmat Bagja (HMI/Golkar); 2. Puadi (HMI/Gerindra); 3. Totok (GMNI/PDIP); 4. Herwyn Jefler Hielsa Malonda (non-Muslim/Nasdem); 5. Lolly Suhenty (PMII/PKB).

Nama-nama itulah yang kemudian muncul saat Komisi II mengumumkan hasil uji kepatutan dan kelayakan calon anggota KPU RI dan Bawaslu RI 2022-2027.

Adapun komisioner terpilih yakni Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifudin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz.

Sedangkan. anggota Bawaslu terpilih yakni Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Hariyono, dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Topik Lain :  Update Persyaratan Naik Kereta Api Mulai 17 Juli 2022

Nama-nama terpilih ini akan dibawa ke Rapat Paripurna untuk ditetapkan. Selanjutnya dikirim ke Presiden Joko Widodo untuk dilantik