FKUI Miliki Big Data Center Imeri-Idealab, One Stop Service Pengelolaan Data Kesehatan

Nasional239 Views

Jakarta – Indonesian Medical Education and Research Institute (IMERI) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) didukung venture builder UMG Idealab mewujudkan adanya Big data Center Imeri-Idealab, yaitu sebuah layanan terintegrasi “One Stop Service” dalam pengelolaan mahadata kesehatan.

Direktur Imeri Prof. dr. Badriul Hegar, Ph.D., SpA(K)., menyampaikan bahwa Imeri memiliki visi untuk mengembangkan penelitian di bidang Medical Education dan Medical Science terutama melibatkan big data kesehatan. “Imeri diharapkan dapat memfasilitasi peneliti dengan suatu platform yang dapat mengolah mahadata biologis, klinis, sosial, maupun lingkungan, untuk mengembangkan suatu pelayanan kesehatan baru agar memberikan manfaat bagi pelayanan kesehatan untuk masyarakat Indonesia,” ujar Badriul dalam siaran pers yang diterima, Sabtu (5/2/2022)

Berangkat dari visi yang sama, Idealab bersedia bekerja sama dengan IMERI dalam membangun Platform Health Big data Center. Direktur Utama UMG Idealab Achmad Syaefi menyatakan, “Kami mengenal Imeri sebagai wadah bagi para ahli dan praktisi medis berkontribusi dalam pendidikan dan penelitian, kami yakin kami bersama partner yang tepat untuk bersama-sama mewujudkan layanan kesehatan yang inklusif dan aksesibel,” terang Badriul.

Dalam kesempatan yang sama, Founder UMG Idealab Kiwi Aliwarga menambahkan, kerja sama ini menjadi wujud nyata komitmen UMG Idealab terus berupaya mengembangkan peran teknologi 4.0 dalam berbagai lini kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk dalam bidang kesehatan. Semoga dapat terwujud,” ucapnya.

Dekan FKUI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH., MMB berpendapat, Big data Center (BDC) ini adalah upaya di mana kita bisa memanfaatkan data kesehatan dengan optimal. “Tidak hanya untuk kepentingan dari UI saja, melainkan kepentingan nasional bahkan dunia, karena big data kesehatan yang dianalisis dengan kecerdasan buatan dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Topik Lain :  Perludem: Diperlukan Komitmen DPR Wujudkan Minimal 30 Persen Perempuan di Keanggotaan KPU dan Bawaslu

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UI, drg. Nurtami, Ph.D., Sp,OF(K), yang juga hadir secara daring berharap melalui BDC ini, Imeri melakukan upaya nyata pengelolaan data riset terintegrasi untuk terus meningkatkan kualitas riset dari bidang rumpun ilmu kesehatan dan memfasilitasi kolaborasi lintas disiplin. “Kolaborasi dalam riset dan inovasi dengan mitra nasional maupun internasional ini sangat penting untuk dapat memberikan academic, society, maupun economic impact kepada masyarakat,” terangnya.

Dalam materi pemaparan pada saat launching di bulan Desember 2021, Wakil Direktur Imeri Bidang Riset dan Inovasi Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K), MPH menyampaikan bahwa hadirnya pusat mahadata kesehatan di Imeri berpotensi dalam memfasilitasi peneliti di bidang kedokteran secara khusus dan informatika medis secara umum. Selanjutnya informasi tersebut akan diolah serta dikelola menjadi pengetahuan serta algoritma pelayanan kecerdasan buatan yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.

dr. Aly Lamury, MSc selaku Wakil Ketua Teknis BDC Imeri-Idealab menyampaikan Big data Center Imeri-Idealab menyediakan layanan yang dapat digunakan oleh pelanggan meliputi penyimpanan data kesehatan, pelabelan, pengelolaan, analisis, dan pengembangan algoritma berbasis kecerdasan buatan dalam satu platform berbasis teknologi komputasi awan.

Wakil Ketua Administratif BDC Imeri-Idealab, Muhammad Satrio Utomo, MSc, menyampaikan untuk memperluas manfaat, BDC memberikan promo untuk pengguna baru yaitu adanya Free trial untuk layanan Data Storage sebesar 1GB selama 30 hari serta promo layanan Data Storage sebesar 100GB selama 3 bulan untuk 10 dari 50 orang pendaftar pertama yang beruntung.

Menurut Ketua Big data Center IMERI-IDEALAB Prasandhya Astagiri Yusuf, S.Si., M.T., Ph.D mengatakan, Big data Center Imeri-Idealab diharapkan dapat memberikan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan yang terjamin.

Topik Lain :  Ganjar Pranowo Resmi Ditunjuk Sebagai Capres dari PDIP

“Semoga Big data Center Imeri-Idealab dapat menjadi solusi dan menjadi ‘playground’ tempat bertemunya peneliti lintas bidang keilmuan untuk mengoptimalkan big data kesehatan yang dapat secara nyata meningkatkan pelayanan kesehatan di Indonesia,” harapnya.

Grand Launching Big data Center Imeri-Idealab dihadiri oleh 260 peserta baik lewar Zoom meeting maupun Youtube channel medicine UI. Dalam acara tersebut turut hadir secara daring Fariz, Ph.D dari Tokopedia AI Center Fasilkom UI, Ketua Data Science Center FMIPA UI Prof. Alhadi Bustamam, Setiaji dari Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan RI, Dr. Vivi Setiawaty M.Biomed dari Balitbangkes Kemenkes RI, Dekan dari Rumpun Ilmu kesehatan UI, Ketua Departemen di lingkungan Fakultas Kedokteran UI, Direktur Rumah Sakit jejaring Academic Health System UI, Ketua Academic Health System UI, dan Ketua-ketua kluster Imeri FKUI. (Ruzka Azra Muhammad)