CEO OpenAI Sam Altman: ChatGPT Sangat Berguna bagi Orang-orang di 3 Industri Ini

GITULAH.COM – Siapa pun dapat meminta ChatGPT untuk menjawab pertanyaan atau melakukan tugas. Namun chatbot populer ini sangat berguna bagi pekerja di tiga industri tertentu, menurut CEO OpenAI Sam Altman.

“Pengkodean mungkin merupakan satu-satunya bidang peningkatan produktivitas yang paling kami sukai saat ini. Ini diterapkan secara besar-besaran dan dalam skala penggunaan, pada saat ini,” kata Altman dalam episode terbaru “ Unconfuse Me ,” sebuah podcast yang dipandu oleh Bill Gates. “Layanan kesehatan dan pendidikan adalah dua hal yang sedang naik daun dan kami juga sangat gembira.”

Altman, yang perusahaannya membuat ChatGPT, menyatakan bahwa sistem AI saat ini “pasti tidak dapat melakukan pekerjaan [itu]” untuk Anda. Namun di ketiga bidang tersebut, pekerja dapat memperoleh manfaat dari penggunaan chatbot sebagai alat produktivitas, katanya.

Pengkodean

ChatGPT dapat membantu pemrogram menyelesaikan pekerjaannya tiga kali lebih cepat dari biasanya, kata Altman. Sistem ini dapat membantu dalam tugas-tugas seperti meninjau kesalahan kode tertulis, menulis kasus uji, menjawab pertanyaan programmer dan bahkan menghasilkan kode baru sepenuhnya sendiri, tambahnya.

Kata kuncinya adalah “membantu.” GPT-4, yang dirilis OpenAI tahun lalu, memberikan jawaban yang salah terhadap pertanyaan pemrograman hampir separuh waktu, menurut sebuah studi tahun 2023 yang dilakukan oleh para peneliti di Stanford dan Universitas California, Berkeley.

Pembuat kode yang menggunakan ChatGPT untuk membantu pekerjaannya harus berhati-hati dan memeriksa ulang semua yang dikatakan chatbot — sebuah proses yang mungkin lebih cepat daripada melakukan tugas tersebut secara manual.

Tujuannya bukan hanya untuk membantu pembuat kode menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat, Altman berkata: Pergeseran produktivitas seperti itu dapat, dan seharusnya, memberi orang lebih banyak waktu luang untuk berpikir di luar kebiasaan.

Topik Lain :  Perkuat Kerja Sama, Filipina dan Arab Saudi Teken Investasi Lebih dari $4,26 Miliar

“Mereka bisa – pada tingkat abstraksi yang lebih tinggi, menggunakan lebih banyak kekuatan otak mereka – mereka sekarang bisa memikirkan hal-hal yang sangat berbeda,” katanya. “Ini seperti [bagaimana] beralih dari kartu punch ke bahasa tingkat yang lebih tinggi tidak hanya membuat kita dapat memprogram sedikit lebih cepat, namun juga memungkinkan kita melakukan hal-hal yang secara kualitatif baru.”

Pendidikan

Saat ini, sistem AI dapat membantu guru merancang kurikulum, atau rencana pembelajaran yang dipersonalisasi untuk siswa tertentu. Mereka juga dapat menghemat waktu guru dengan melakukan berbagai tugas administratif, seperti melacak kehadiran atau mengirimkan pengingat tugas otomatis.

Ini mungkin juga berguna untuk mempelajari bahasa baru: Perusahaan teknologi pendidikan seperti Duolingo , yang agak kontroversial, dilaporkan mulai mengurangi pekerjanya sambil lebih mengandalkan AI.

Gates juga memuji kemampuan ChatGPT dalam mendukung program bimbingan belajar, dengan harapan memperluas akses terhadap tutor yang dipersonalisasi untuk siswa di komunitas terpencil dan kurang terlayani. Tahun lalu, ia memperkirakan bahwa masyarakat akan “terkejut” dengan banyaknya tutor AI yang dapat segera membantu meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa.

“AI akan mencapai kemampuan itu, untuk menjadi pengajar sebaik yang bisa dilakukan manusia,” kata Gates dalam keynote talk di ASU+GSV Summit di San Diego pada bulan April lalu.

Beberapa pendidik khawatir bahwa alat seperti ChatGPT dapat memudahkan siswa menyontek tugas. Sejauh ini penelitian belum menunjukkan adanya peningkatan dalam kecurangan – namun kesalahan yang dapat terjadi berarti bahwa orang tua dan guru harus mengingatkan siswa untuk tidak hanya mengandalkan AI, kata psikolog Barnard College, Dr. Tovah Klein, kepada CNBC Make It tahun lalu.

Kesehatan

Chatbot OpenAI telah lulus Ujian Lisensi Medis AS, meskipun para ahli memperingatkan bahwa kecenderungan sistem terhadap kesalahan membuatnya tidak mungkin dipercaya oleh sebagian besar pasien di masa mendatang.

Topik Lain :  KBRI Tripoli Berhasil Memulangkan Dua PMI dari Benghazi

Namun alat AI dapat bermanfaat bagi dokter dengan berfungsi sebagai asisten digital untuk membantu tugas administratif yang memakan waktu seperti dokumen asuransi, kata presiden American Medical Association Jesse Ehrenfeld tahun lalu .

Alat tersebut dapat menganalisis penelitian dan merangkum riwayat kesehatan pasien, kata AMA secara terpisah tahun lalu. Dan mereka dapat menghemat waktu dan mengedukasi pasien medis dengan menjawab banyak pertanyaan yang paling sering diajukan, menurut penelitian .

Di luar kantor dokter Anda, beberapa perusahaan farmasi menggunakan ChatGPT untuk mengotomatiskan sebagian proses penemuan dan penelitian obat baru, tulis Gates dalam postingan blog tahun 2023 .

“Salah satu prioritas Gates Foundation dalam bidang AI adalah memastikan alat-alat ini digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan yang berdampak pada masyarakat termiskin di dunia, termasuk AIDS, [tuberkulosis], dan malaria,” tulisnya.

Altman menggemakan kegembiraan itu di podcast Gates, dan mencatat bahwa teknologi ini masih dalam tahap awal.

“Hal-hal yang kita lihat saat ini sangat menarik dan menakjubkan, namun menurut saya ada baiknya untuk selalu menempatkannya dalam konteks teknologi ini, setidaknya untuk lima atau sepuluh tahun ke depan, akan berada pada kurva peningkatan yang sangat curam,” kata Altman. “Ini adalah model paling bodoh yang pernah ada.”