Di AS, Harga Jual Mobil Listrik Seken Merosot Hampir Sepertiganya pada 2023

Otomotif184 Views

 

Penurunan ini berarti biaya pembiayaan mobil baterai baru bagi konsumen meningkat

GITULAH.COM – Nilai jual kembali kendaraan listrik terlaris turun hampir sepertiganya di AS pada tahun 2023 lalu di tengah perlambatan pertumbuhan kendaraan listrik di negara-negara maju. Nilai kendaraan bekas dari 10 mobil baterai terlaris di AS, termasuk model dari Tesla, General Motors, dan Ford, turun rata-rata 28 persen pada tahun 2023, berdasarkan data dari CarGurus dan dikumpulkan oleh acara HSBC.

Di Inggris, nilai kendaraan listrik bekas turun sekitar seperlima, jauh lebih tinggi dibandingkan pasar secara keseluruhan di mana nilai jual kembali hanya turun 3,7 persen, menurut bank yang mengacu pada data Auto Trader.

Nilai jual kembali adalah indikator inti dari keinginan sebuah kendaraan, yang mencerminkan seberapa besar pembeli barang bekas bersedia membayar untuk sebuah model yang biasanya berusia sekitar tiga tahun. Penetapan harga kendaraan listrik “kemungkinan akan menjadi lebih ketat pada tahun 2024”, kata analis bank tersebut, Mike Tyndall, seperti dilansir Financial Times. Dia memperingatkan pengurangan subsidi di negara-negara seperti Jerman dan Perancis “dapat memaksa produsen mobil untuk bersikap agresif dalam menentukan harga”.

Produsen mobil kemungkinan besar harus mengikis sedikit margin keuntungan yang mereka miliki pada kendaraan listrik untuk mencegah mereka diremehkan oleh model-model baru yang lebih murah dari Tiongkok , tambahnya. “Sulit untuk sepenuhnya fokus pada profitabilitas karena hal ini berisiko kehilangan pangsa pasar karena pendatang baru yang berbasis EV yang terus mempertahankan harga yang agresif dalam mengejar pangsa pasar.”

Automaker telah memperingatkan akan adanya skeptisisme yang lebih dalam dari pembeli umum terhadap kendaraan listrik, sehingga memaksa produsen untuk memotong harga atau mengurangi target penjualan. Nilai jual kembali mobil baterai yang lebih lemah berarti harga kendaraan listrik baru akan relatif lebih murah dibandingkan model bensin atau diesel yang diperkirakan akan kehilangan nilai lebih sedikit pada periode yang sama. Metrik ini merupakan kunci untuk menetapkan harga sewa, di mana pengendara akan membiayai sejumlah uang yang hilang dari kendaraan selama tiga tahun sewa.

Topik Lain :  Toyota Sediakan SPLKU di Tol Trans-Jawa

Kerugian nilai yang lebih besar berarti kebutuhan pendanaan yang lebih besar. Sekitar 60 persen kendaraan baru di Eropa dibeli dengan cara sewa, sementara di beberapa pasar seperti Inggris, angkanya lebih dari 90 persen. Penurunan tajam nilai jual kembali akan membebani produsen mobil di pasar seperti Inggris dan California, di mana mereka harus meningkatkan proporsi penjualan kendaraan listrik setiap tahunnya, atau mereka akan menghadapi denda yang besar.

Mike Hawes, kepala Masyarakat Produsen dan Pedagang Motor, yang mewakili industri mobil Inggris, mengatakan lebih banyak insentif, serta kesepakatan asuransi yang lebih murah dan lebih banyak titik pengisian daya, diperlukan untuk mendorong konsumen membeli model listrik. “Kita selalu sampai pada tahap di mana kita melalui fase pengguna awal, dan kita perlu masuk ke pasar massal, dan itu bukanlah transisi yang linear,” katanya. Di AS, harga bekas Tesla Model X, yang memiliki kinerja terburuk, turun 36 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Meskipun Model X bekas akan berharga $75,798 pada Desember 2022, pada bulan lalu harganya turun menjadi $48,511 untuk kendaraan yang setara.

Produk terlaris lainnya turun tajam, termasuk truk pick-up Ford F-150 Lightning, yang turun 30 persen dari $90.245 menjadi $62.540, dan Chevrolet Bolt, yang turun 32 persen dari $26.325 menjadi $17.901. Di Inggris, nilai jual kembali Nissan Leaf dan Renault Zoe – keduanya model lama – turun seperempat, sementara Porsche Taycan turun 21 persen dan BMW i4 turun 18 persen. Produsen mobil juga meningkatkan diskon untuk mencoba mengganti kendaraan listrik baru, baik di Inggris dan AS, karena mereka menghadapi tantangan untuk meyakinkan pembeli pasar massal untuk beralih ke kendaraan listrik. Sekitar setengah dari kendaraan listrik baru yang dijual di Inggris menawarkan pembiayaan 0 persen, terkadang dengan penawaran yang secara efektif memotong harga kendaraan hingga sepertiganya.

Topik Lain :  Penjualan Mobil Listrik Baru di Irlandia Sepanjang 2023 Naik 52%

Merek-merek lain menawarkan diskon tunai langsung hingga 27 persen, sementara diskon tunai secara keseluruhan “berada pada tingkat tertinggi yang pernah kami lihat hingga saat ini”, tambah Tyndall. Di AS, penawaran diskon meningkat dua kali lipat sepanjang tahun 2023. Semua dari 10 kendaraan listrik AS dengan penjualan teratas di negara tersebut mendapatkan diskon, termasuk $5.000 dari Tesla untuk mobil Model 3 atau Model Y, dan lebih dari $8.000 untuk Ford Mustang Mach. -E dan Hyundai Ioniq 5.