Apa Saja Manfaat Buah Nangka bagi Kesehatan?

Santai151 Views

GITULAH.COM – Nangka adalah buah pohon tropis yang berasal dari India barat daya. Itu milik keluarga tumbuhan Moraceae. Penelitian menunjukkan bahwa nangka dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan. Ini adalah sumber vitamin C dan nutrisi penting lainnya yang sehat.

Keluarga tumbuhan Moraceae juga mencakup murbei, buah ara, dan sukun. Nangka berukuran besar, dengan daging tebal berwarna kuning serta biji dan polong yang dapat dimakan. Daging buahnya, menurut artikel medicalnewstoday, memiliki rasa yang manis dan khas, yang oleh sebagian orang digambarkan sebagai persilangan antara pisang dan nanas .

Karena teksturnya yang berserat, masyarakat kerap memanfaatkan daging nangka sebagai pengganti daging dalam masakan vegetarian atau vegan . Artikel ini membahas beberapa potensi manfaat kesehatan dari nangka. Artikel ini juga membahas kandungan nutrisinya, risiko dan pertimbangannya, serta cara menambahkannya ke dalam makanan.

Kadar kolesterol

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa biji nangka dapat membantu menurunkan kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol high-density lipoprotein (HDL) .

Kolesterol LDL, atau kolesterol “jahat”, adalah endapan lilin yang dapat menempel pada dinding bagian dalam arteri. Ketika timbunan ini menumpuk, mereka dapat membatasi aliran darah, yang dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke .

Kolesterol HDL, atau kolesterol “baik”, membantu menghilangkan kolesterol LDL dari pembuluh darah dan mengirimkannya kembali ke hati.

Sebuah studi tahun 2015 menyelidiki efek berbagai pola makan biji nangka terhadap kadar kolesterol pada tikus.

Tikus yang mengonsumsi makanan kaya biji nangka mengalami peningkatan kadar kolesterol HDL dan penurunan kadar kolesterol LDL, dibandingkan dengan tikus yang mengonsumsi lebih sedikit biji nangka.

Blood pressure

Nangka adalah a sumber yang baguskalium. Menurut Asosiasi Jantung Amerika (AHA) Sumber Tepercaya , makanan kaya potasium dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Kalium menurunkan tekanan darah dengan melawan efek natrium dan mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah.

Itu AHA merekomendasikan Sumber Tepercaya bahwa orang dewasa yang sehat mengonsumsi 4.700 miligram (mg) potasium sehari. Secangkir nangka mentah yang diiris mengandung 739 mg Sumber Tepercaya kalium.

Namun, pola makan kaya kalium bisa berbahaya bagi penderita penyakit ginjal atau kondisi apa pun yang mengubah cara tubuh mengatur kalium.

Kanker

Buah nangka mengandung zat yang disebut fitokimia, seperti flavonoid, saponin, dan tanin.

Menurut Institut Penelitian Kanker Amerika , banyak fitokimia yang memiliki sifat antioksidan, yang berarti dapat membantu melawan efek radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul sangat reaktif yang terjadi secara alami di dalam tubuh dan dapat merusak sel. Kerusakan ini, yang dikenal sebagai stres oksidatif , mungkin berperan dalam perkembangan beberapa penyakit kronis, termasuk kanker .

Fitokimia juga dapat mencegah pertumbuhan pembuluh darah baru di sekitar sel kanker. Kurangnya pembuluh darah mengurangi suplai darah dan pertumbuhan sel.

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa ekstrak biji nangka menghambat pertumbuhan pembuluh darah ektopik yang diinduksi pada embrio ayam.

Para peneliti mencatat bahwa efek tersebut mungkin dihasilkan dari kombinasi flavonoid, saponin, dan tanin dalam ekstrak dan ekstrak nangka mungkin berpotensi sebagai terapi antikanker di masa depan.

Mereka menyimpulkan bahwa studi mendalam lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi dan lebih memahami temuan mereka.

Kadar gula darah

Indeks glikemik (GI) seseorang adalah sistem untuk menilai bagaimana makanan tertentu mempengaruhi kadar glukosa darah .

Makanan dengan skor GI lebih tinggi lebih mungkin menyebabkan lonjakan glukosa darah dibandingkan makanan dengan skor GI lebih rendah. Sistem GI dapat membantu penderita diabetes merencanakan makanannya.

Nangka memiliki skor GI menengah , namun bagian lain dari tanaman ini dapat membantu mengobati diabetes tipe 2 .

A Studi tahun 2011 Sumber Tepercaya menyelidiki efek ekstrak daun nangka pada tikus yang diinduksi diabetes. Di akhir penelitian, tikus yang mengonsumsi ekstrak daun nangka memiliki kadar insulin lebih tinggi dan kadar glukosa darah lebih rendah dibandingkan tikus yang mengonsumsi makanan kontrol.

Para peneliti menetapkan bahwa ekstrak daun nangka mengandung flavonoid yang dapat membantu mencegah kematian sel di pankreas, yaitu organ yang memproduksi insulin.

Sebuah studi tabung reaksi pada tahun 2016 menemukan bahwa ekstrak kulit pohon nangka mengandung bahan kimia yang mencegah pemecahan lemak dan karbohidrat kompleks menjadi gula. Para peneliti menyarankan bahwa bahan kimia tersebut mungkin berguna dalam mengelola diabetes.

Namun, untuk memastikan efek ini memerlukan penelitian lebih lanjut pada manusia.

Mengobati luka

Nangka merupakan sumber vitamin C yang baik, yang merupakan antioksidan kuat yang penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Selain itu, tubuh membutuhkan vitamin C untuk membuat protein yang disebut kolagen , yang penting untuk menjaga kesehatan kulit, tulang, dan jaringan ikat, seperti pembuluh darah dan tulang rawan. Kolagen juga penting untuk penyembuhan luka.

Menurut review tahun 2014 , nangka mengandung zat dengan sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antijamur yang juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka.

Sebuah studi tahun 2013 menyelidiki sifat penyembuhan luka ekstrak daun nangka pada sampel kulit babi. Para peneliti menyimpulkan bahwa ekstrak daun nangka dapat meningkatkan penyembuhan luka.

Kesehatan pencernaan

Nangka, khususnya bijinya, merupakan a sumber yang bagus Sumber Tepercaya dari serat larut dan tidak larut.

Serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan memperlambat penyerapan karbohidrat ke dalam aliran darah, sehingga dapat membantu mencegah lonjakan glukosa darah setelah makan.

Penelitianmenunjukkan bahwa serat makanan juga dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit jantung, diabetes, dan kanker usus besar .

Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan wanita mengonsumsi 25 gram (g) dan pria 38 g serat per hari.

Biji nangka juga prebiotik mengandung , yang dapat membantu mendukung pertumbuhan bakteri menguntungkan di usus.

Insomnia dan tidur

Nangka kaya akan magnesium , mineral yang dikaitkan dengan membantu tubuh rileks.

A Ulasan tahun 2021 Sumber Tepercaya menemukan bukti terbatas yang mendukung bahwa mengonsumsi suplemen magnesium meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa yang lebih tua. Sebuah studi di 2019 Sumber Tepercaya menyimpulkan penggunaan melatonin berupa magnesium selama 3 bulan memang membantu mengatasi insomnia.

FDA merekomendasikan orang dewasa dan anak-anak berusia 4 tahun ke atas 420 mg Sumber Tepercaya magnesium setiap hari. Satu cangkir nangka mengandung sekitar 48 mg Sumber Tepercaya .

Bisul

luka di perut atau maag . Nangka mengandung nutrisi yang dapat membantu mencegah terbentuknya

A Ulasan 2019 Sumber Tepercaya catatan nangka mengandung banyak fitonutrien, yaitu senyawa nabati dengan sifat antioksidan. Mereka termasuk lignin, isoflavon, dan saponin.

Selain itu, buah ini kaya akan serat yang dapat membantu mengurangi asam lambung.

Kandungan nutrisi

Nangka adalah sumber vitamin C, potasium, serat makanan, dan beberapa vitamin dan mineral penting lainnya yang sehat.

Menurut Departemen Pertanian Sumber Tepercaya , secangkir nangka mentah yang diiris mengandung:

  • 157 kalori
  • 2,84 gram protein
  • 1,06 gram lemak
  • 38,36 g karbohidrat
  • 2,5 g serat makanan
  • 31,48 g gula
  • 48mg magnesium
  • 739 mg kalium
  • 22,6 mg vitamin C

Risiko dan pertimbangan

Menurut laporan kasus tahun 2015 , seorang wanita dengan alergi lateks mengalami syok anafilaksis , yaitu reaksi alergi yang parah, setelah makan nangka.

Para penulis berpendapat bahwa reaksi ini mungkin disebabkan oleh adanya protein mirip lateks dalam nangka.

lain Laporan kasus menunjukkan bahwa mengonsumsi nangka juga dapat memicu reaksi alergi pada penderita alergi serbuk sari birch.

Namun, reaksi alergi terhadap nangka sangat jarang terjadi .

Bagaimana cara memakannya?

Banyak supermarket khusus yang menjual nangka segar. Toko kelontong umum mungkin menjual nangka kalengan atau beku. Nangka kalengan mungkin mengandung sirup atau air garam.

Daging buah nangka yang masih mentah berwarna hijau, berubah menjadi kuning saat matang. Seseorang dapat memakan sendiri daging nangka segar dan matang atau menggunakannya dalam berbagai resep, termasuk makanan penutup.

Selain itu, banyak orang menggunakan nangka segar dan mentah sebagai pengganti daging dalam kari, pai, tumis, bungkus, dan hidangan lainnya.

Untuk menyiapkan nangka segar dan mentah:

  1. Potong buah menjadi dua bagian, lalu menjadi potongan kecil, tanpa membuang kulitnya.
  2. Rebus potongannya hingga dagingnya empuk dan teksturnya berserabut. Ini mungkin memakan waktu 30–60 menit.
  3. Kupas kulitnya lalu buang biji dan buahnya.