by

Pahit Sih, Tapi Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan Yahud

GITULAH.COM – Muncul dalam warna hijau klasik, tapi pare bukanlah bunga yang berdiam diri. Rasanya yang kuat – dan banyak manfaat kesehatannya – menarik perhatian. “Pare bukan hanya untuk para petualang kuliner,” kata ahli diet terdaftar Beth Czerwony, RD, LD, seperti dilansir clevelandclinic. “Ini adalah pilihan bagus bagi mereka yang ingin melawan penyakit melalui pilihan makanan sehat.”

Czerwony menjelaskan apa yang perlu Anda ketahui tentang buah ini, termasuk empat manfaat pare bagi kesehatan.

Apa itu pare?

Meskipun pare adalah kerabat dekat sayuran seperti zucchini dan mentimun, pare diklasifikasikan sebagai buah. Ia juga memiliki banyak nama samaran, termasuk balsam pear, balsam apple, pare dan, bagi yang berpikiran ilmiah, Momordica charantia.

Pare umumnya ditanam di Asia, Afrika dan Karibia. Ada dua tipe utama:

  • Pare Cina terlihat seperti mentimun yang layu.
  • Pare India berwarna hijau tua dan kekar, dengan ujung runcing dan kulit berduri.

Dikenal karena rasa pahitnya yang kuat, pare juga merupakan pembangkit tenaga nutrisi yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan . Anda bisa memakannya mentah, tetapi orang sering memasaknya untuk menghilangkan rasa pahitnya yang menyengat.

Apa saja manfaat pare?

Pare tidak hanya merupakan tambahan rendah kalori dan tinggi serat untuk diet Anda, pare juga kaya akan nutrisi dan antioksidan . Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), pare merupakan sumber yang baik untuk:

  • Kalsium .
  • magnesium .
  • Kalium .
  • vitamin A.
  • Vitamin C.
  • seng .

“Pare kaya akan vitamin C, yang tidak hanya meningkatkan kekebalan tubuh, tetapi juga bagus untuk kulit dan tulang Anda ,” kata Czerwony. “Dan vitamin A juga mendukung sistem kekebalan tubuh, penglihatan, dan kesehatan reproduksi Anda.”

Mineral seperti kalsium, magnesium, potasium, zat besi dan seng sangat penting untuk kesehatan yang baik. Mereka membantu menjaga kesehatan gigi, tulang, dan sel darah Anda. Mereka juga mendukung fungsi otak, otot, saraf dan sistem kekebalan tubuh Anda.

Topik Lain :  Nasi Timbel Komplit Mantab, Kuliner di Puncak Bogor

Czerwony menjelaskan empat manfaat lain dari pare:

1. Bisa membantu mencegah penyakit kanker

Pare kaya akan beta-karoten , pigmen yang membuat sayuran berwarna merah, oranye, dan kuning. Tubuh Anda mengubah beta-karoten menjadi vitamin A, dan penelitian telah menghubungkan beta-karoten dan vitamin A dengan pencegahan limfoma non-Hodgkin . “Beta karoten merupakan antioksidan, artinya melindungi terhadap kanker dan penyakit kronis lainnya dengan mencegah kerusakan sel,” jelas Czerwony.

Terlebih lagi, para ilmuwan telah menggunakan ekstrak pare untuk membunuh sel kanker dalam penelitian untuk mengidentifikasi potensi obat baru yang melawan kanker. Dalam sebuah penelitian , ekstrak pare konsentrasi tinggi efektif mengobati sel kanker lambung, usus besar, paru-paru dan nasofaring dalam tabung reaksi. lain Dalam penelitian , ekstrak pare menekan sel kanker payudara triple-negatif pada model non-manusia. “Meskipun hasil ini menjanjikan, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menentukan implikasinya di dunia nyata,” jelas Czerwony.

2. Dapat membantu mengatur gula darah

Pare adalah salah satu dari beberapa buah tinggi serat dan rendah gula yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah (glukosa) secara alami. Tidak seperti jenis karbohidrat lainnya, tubuh Anda tidak dapat mencerna serat, sehingga tidak menghasilkan glukosa. Serat juga membantu memperlambat pencernaan, sehingga memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah, sehingga mencegah lonjakan gula darah.

“Pare juga memiliki versi insulinnya sendiri, bahan kimia yang disebut polipeptida-P,” tambah Czerwony. “ Penelitian telah menunjukkan bahwa polipeptida-P dapat membantu mengatur dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes .”

3. Dapat menurunkan kolesterol

Beberapa penelitian laboratorium telah menyoroti potensi pare untuk menurunkan kadar kolesterol tidak sehat . Para peneliti menggunakan ekstrak pare dalam jumlah besar untuk menurunkan kadar kolesterol pada model non-manusia. “Meskipun para peneliti masih perlu melihat apakah hasilnya sesuai dengan penelitian pada manusia, ini adalah temuan yang menarik,” kata Czerwony.

Topik Lain :  10 Buah yang Menyehatkan Lansia

4. Bisa membantu mencegah kekurangan zat besi dan anemia

Hemoglobin adalah komponen sel darah merah yang memiliki tugas penting membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda. Tapi tubuh Anda membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin. Dan jika Anda tidak mendapatkan cukup zat besi, Anda bisa terkena anemia defisiensi besi , suatu kondisi di mana Anda tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat.

Mendapatkan cukup zat besi adalah penangkal utama anemia defisiensi besi. Pare tidak hanya kaya akan zat besi, tetapi juga tinggi folat (vitamin B9) , vitamin serbaguna yang membantu pembentukan sel darah merah.

Kapan sebaiknya Anda tidak makan pare?

Berapa banyak Anda makan itu penting, catat Czerwony. “Jika Anda berencana makan dalam jumlah besar untuk mendapatkan manfaat kesehatan, konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda terlebih dahulu. Anda mungkin memiliki masalah kesehatan mendasar atau sedang mengonsumsi obat yang mungkin membuatnya tidak aman. Misalnya, pare dapat mengganggu insulin dan obat diabetes. Hal ini juga dikaitkan dengan kelainan pada embrio dalam penelitian non-manusia , jadi hindari juga jika Anda sedang hamil.”

Diskusikan juga suplemen dan ekstrak pare dengan penyedia Anda. Czerwony mengatakan buah ini lebih manjur dibandingkan buahnya dan harus digunakan dengan hati-hati. Secara khusus, jus dan ekstrak pare dalam jumlah besar telah dikaitkan dengan kasus:

  • Diare .
  • Perdarahan lambung dan maag .
  • Detak jantung tidak teratur ( fibrilasi atrium ).
  • Kerusakan ginjal yang parah.
  • Ketidaknyamanan perut.
  • Muntah .

Pilihan terbaik Anda adalah menikmati pare sebagai makanan, bukan suplemen. “Pare bisa menjadi perubahan selera yang lezat. Anda bisa menumis, mengukus, memanggangnya, atau bahkan memakannya mentah,” saran Czerwony. “Dalam jumlah sedang, ini merupakan tambahan yang bagus untuk diet sehat.”