Sebelum KTT FDI, PM Inggris Memuji Investasi $37 Miliar

Internasional111 Views

GITULAH.COM – Perdana Menteri Rishi Sunak mengumumkan investasi sektor swasta sebesar 29,5 miliar pound ($36,76 miliar) di Inggris, sebelum menjadi tuan rumah bagi para eksekutif global dalam upayanya memulihkan negara itu sebagai tujuan investasi asing langsung (FDI) utama di Eropa.

Dana Australia, IFM Investors dan Aware Super, masing-masing akan menyalurkan 10 miliar pound dan 5 miliar pound, ke dalam proyek-proyek mulai dari infrastruktur dan transisi energi hingga perumahan yang terjangkau, kata kantor Sunak di Downing Street dalam sebuah pernyataan.

Raksasa listrik Spanyol Iberdrola akan menambah 7 miliar pound pada rencana investasinya di Inggris, yang mencakup jaringan transmisi dan distribusi listrik, katanya.

Proyek lain yang tercantum dalam pernyataan itu termasuk investasi sebesar 2,5 miliar pound dalam infrastruktur kecerdasan buatan oleh Microsoft.

“Menarik investasi global adalah inti dari rencana saya untuk menumbuhkan perekonomian,” kata Sunak dalam pernyataan yang diterbitkan menjelang “KTT” investasinya pada hari Senin di istana Hampton Court abad ke-16 di London.

Inggris, seperti banyak negara lainnya, sedang mencari investasi sektor swasta untuk membantu merombak perekonomiannya menuju era net-zero dan untuk membangun infrastruktur yang tidak dapat dibiayai sendiri oleh keuangan publiknya.

Namun beberapa investor besar mengatakan ketidakpastian politik dan peraturan yang dipicu oleh referendum Brexit tahun 2016 telah mengurangi daya tarik Inggris dalam beberapa tahun terakhir, sementara negara-negara lain menjadikan diri mereka lebih menarik bagi penanaman modal asing.

Perancis tahun lalu mengambil alih posisi Inggris sebagai negara Eropa dengan jumlah proyek FDI baru terbanyak. Presiden Prancis Emmanuel Macron mengumumkan komitmen investasi sebesar 13 miliar euro ($14,18 miliar) di negaranya pada pertemuan FDI serupa di bulan Mei.

Topik Lain :  Beberapa Anggota OPEC+ akan Kurangi Pasokan Minyak

Sunak mengatakan pendanaan baru untuk industri seperti energi bersih, ilmu hayati dan teknologi maju akan menciptakan lapangan kerja berkualitas tinggi di seluruh Inggris.

Top financiers Stephen Schwarzman from Blackstone, David Solomon from Goldman Sachs and Jamie Dimon from JP Morgan Chase were due to attend Monday’s event.

Britain’s government acknowledges that it needs to do more to compete as laid out by a review launched after the country missed out on some high-profile investments.

Inggris kini tertinggal dari Perancis dan Jerman dalam hal daya tarik FDI, menurut perusahaan akuntansi EY.

Namun mereka telah mencapai beberapa keberhasilan baru-baru ini termasuk pengumuman pada hari Jumat bahwa Nissan mengenai mobil listrik yang akan mereka produksi di timur laut Inggris.

Inggris berencana untuk mendirikan layanan pramutamu untuk membantu calon investor berurusan dengan pemerintah.

“Ketika sebuah perusahaan datang ke pemerintah Inggris, mereka tidak ingin berurusan dengan lima departemen berbeda. Mereka ingin berurusan dengan satu orang,” kata Menteri Investasi Dominic Johnson kepada Reuters menjelang acara di Hampton Court pada hari Senin.

Hal ini akan memungkinkan para menteri untuk melakukan “diskusi yang sangat kuat dan jujur ​​dengan komunitas investasi internasional tentang bagaimana kita dapat membuat lingkungan lebih mudah untuk diinvestasikan,” katanya.

Menteri Keuangan Inggris Jeremy Hunt pada hari Rabu mengumumkan insentif pajak jangka panjang untuk meningkatkan investasi bisnis yang ia harap akan membantu mempercepat perekonomian negara yang lambat.

Rencana investasi IFM sebesar 10 miliar pound untuk Inggris mewakili peningkatan dari pengumuman awal, yang dibuat tahun lalu, sebesar 3 miliar pound sementara semua proyek lain yang diumumkan oleh pemerintah adalah proyek baru, kata seorang pejabat pemerintah.

Topik Lain :  Tercapai Kesepakatan Perancis dan Jerman Terkait Pasar Listrik UE