Sekda Depok: Cegah TBC dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Depok, Megapolitan208 Views

GITULAH.COM — Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri, mengungkapkan upaya pencegahan penyakit Tuberkulosis (TBC) dapat dilakukan dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain menerapkan PHBS, pendampingan minum obat pasien TBC sampai sembuh dapat mencegah meluasnya penularan infeksi TBC .

“Pencegahan TBC ini memang harus dimulai dari lingkungan masyarakat dengan penerapan hidup bersih,” kata Sekda saat menghadiri Pertemuan Komunitas dan Pemangku Kepentingan Jejaring District-Based Public-Private Mix (DPPM) untuk Optimalisasi Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal Terkait Layanan TBC di Kota Depok di Hotel Bumi Wiyata, Rabu (1/11).

Bang SS, sapaan akrab Supian Suri, menambahkan upaya penanggulangan TBC ini juga membutuhkan peran organisasi masyarakat dan komunitas terdampak TBC. Melalui pendekatan multisektor dan berpusat kepada masyarakat.

Dijelaskan Sekda, upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat ini membutuhkan proses yang panjang. Diharapkan seluruhnya dapat bersinergi bersama untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan terbebas dari berbagai penyakit, termasuk TBC.

“Terkait ini, kita harus berjalan bersama dan melakukan pencegahan. Tetap jalankan hidup sehat dan terapkan PHBS,” ujar Supian, dikutip dari laman resmi Pemkot Depok.

TBC adalah penyakit bakteri yang berpotensi serius terutama memengaruhi paru-paru. Ketika ada kasus TBC wajib dilakukan pelacakan pada keluarga atau kontak serumah untuk memastikan belum ada penularan.

Topik Lain :  Pasca Kecelakaan di Tol Japek, Pemudik Diimbau Utamakan Keselamatan dengan Beristirahat