10 Buah yang Menyehatkan Lansia

Santai234 Views

By Khanzalani

GITULAH.COM – Nutrisi penting bagi semua usia. Namun, mereka yang sudah masuk kelompok lanjut usia (lansia) kerap menghadapi masalah nutrisi ini.

Para lansia kerap memiliki beberapa kekhawatiran khusus dalam pola makan yang baik, terutama untuk mendorong penuaan yang sehat. Pola makan dapat memberikan perbedaan besar pada penyakit yang paling banyak diderita oleh para lansia dan seberapa parah penyakit yang mereka derita.

Meskipun para ahli mempunyai gagasan berbeda mengenai pola makan yang sehat dan seimbang, satu hal yang hampir semua orang sepakati adalah pentingnya buah-buahan dan sayur-sayuran. Dengan mengingat hal tersebut, kami telah mengumpulkan daftar sepuluh buah-buahan yang paling penting untuk membantu para manula tetap sehat (dan memiliki daftar sayuran yang baik untuk manula dalam perjalanan).

1. Buah beri

Ini adalah salah satu kategori buah besar dengan banyak manfaat kesehatan. Khususnya, buah beri dan buah-buahan berkulit gelap lainnya dapat meningkatkan daya ingat Anda. Para peneliti percaya antioksidan yang ada dalam buah beri, antosianin, memiliki sifat yang membantu mengurangi kehilangan memori dan membantu sejumlah masalah terkait penuaan lainnya seperti penyakit jantung dan kanker.

Buah lain yang baik untuk kekuatan daya ingat: Jika Anda tidak terlalu menyukai buah beri, Anda dapat menemukan antioksidan yang sama dalam jeruk darah dan anggur.

2. Pepaya

Pepaya kaya akan karotenoid, seperti beta-karoten dan lupein, yang menurut para ilmuwan dapat mengurangi risiko seseorang terkena kanker dan penyakit jantung. Tambahkan beberapa vitamin C dan E ke dalam campurannya, dan pepaya terbukti merupakan alat yang efektif untuk membantu mengurangi oksidasi kolesterol di arteri Anda, yang secara teknis mengatakan bahwa pepaya membuat Anda lebih kecil kemungkinannya terkena serangan jantung.

Buah lain yang baik untuk kesehatan jantung: Jika Anda bukan penggemar berat pepaya, karotenoid juga umum ditemukan pada melon, aprikot, mangga, dan blueberry.

3. Kiwi

Sakit bukanlah hal yang menyenangkan, namun sering kali menimbulkan konsekuensi yang lebih serius seiring bertambahnya usia. Kiwi adalah sumber vitamin C dan E yang memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Mengonsumsi kiwi dapat membantu tubuh melawan bakteri dan infeksi, sehingga Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk merasa dan menjadi lebih sehat.

Topik Lain :  Dorong Okupansi Mitra, OYO Hadirkan Program Menginap Gratis

Buah lain yang baik untuk kekebalan tubuh: Jika kiwi bukan pilihan Anda, Anda bisa mendapatkan vitamin E dan C dari jambu biji, pepaya, dan buah beri.

4. Pir

Efek penuaan pada pencernaan mungkin bukan topik favorit Anda, tapi kita semua tahu bahwa penting bagi makanan untuk bisa masuk (dan keluar dari) tubuh kita dengan sedikit usaha. Serat baik untuk itu dan pir baik untuk serat. Orang Amerika hanya mendapatkan sekitar setengah serat yang mereka butuhkan, jadi mulailah makan lebih banyak buah pir!

Buah lain yang baik untuk pencernaan: Jika pir bukan favorit, Anda bisa mendapatkan serat dari makan apel, raspberry, pisang, dan buah ara.

5. Pisang

Nutrisi penting lainnya untuk kesehatan jantung, potasium membantu menjaga tekanan darah tetap rendah sehingga jantung Anda berdetak sebagaimana mestinya. Selain menurunkan tekanan darah, pisang juga dianjurkan untuk tidur lebih nyenyak. Kombinasi potasium dan magnesium berfungsi sebagai pelemas otot untuk membantu Anda tertidur.

Buah lain yang baik untuk tekanan darah: Pisang bukan satu-satunya pilihan buah untuk mendapatkan potasium, Anda juga bisa beralih ke aprikot, plum, kismis, dan buah ara.

6. Jeruk

Selain menawarkan banyak vitamin C yang disebutkan di atas, jeruk juga menyediakan kalsium dalam jumlah yang cukup. Kalsium dapat membantu Anda menjaga tulang tetap kuat sehingga kejadian terjatuh yang tidak terduga tidak menjadi lebih serius dari yang seharusnya. Mereka tidak menawarkan sebanyak segelas susu, tapi jika Anda mencari pilihan kalsium non-susu, mereka adalah alternatif yang baik.

Buah-buahan lain yang baik untuk tulang kuat: Untuk buah-buahan selain jeruk yang menawarkan kalsium, pertimbangkan aprikot, kiwi, pir berduri, dan plum.

7. Apel

Jika Anda manusia, maka pernapasan penting bagi Anda. Dalam sebuah penelitian di Inggris baru-baru ini, para peneliti menemukan bahwa orang yang makan setidaknya lima buah apel seminggu lebih sedikit mengalami mengi, asma, dan keluhan paru-paru lainnya. Para peneliti menduga hal ini disebabkan oleh kandungan flavonoid tertentu dalam buah tersebut.

Topik Lain :  Tidak Hanya Kaya Protein, Ini 9 Manfaat Makan Telur untuk Sarapan bagi Kesehatan

Buah-buahan lain yang baik untuk kesehatan paru-paru: Vitamin C juga dipercaya membantu memperkuat paru-paru, jadi buah jeruk dan beri adalah pilihan cerdas lainnya untuk paru-paru Anda.

8. Jambu biji

Meskipun jeruk sering dianggap sebagai buah yang kaya akan vitamin C, jambu biji sebenarnya mengandung lebih banyak vitamin C. Beberapa manfaat vitamin C telah disebutkan, namun masih banyak manfaat lainnya. Vitamin C dipercaya dapat membantu meningkatkan suasana hati sehingga setiap lansia yang berjuang melawan kelelahan atau depresi dapat memperoleh manfaat darinya.

Buah lain yang baik untuk suasana hati: Anda punya banyak pilihan buah untuk mendapatkan vitamin C. Beberapa buah yang paling banyak menyediakan vitamin C adalah pepaya, jeruk, dan kiwi.

9. Alpukat

Kebanyakan orang tidak memerlukan alasan khusus untuk makan alpukat, tapi kami tetap memberikannya untuk Anda. Alpukat mengandung lutein dalam jumlah yang baik, yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mata. Oleh karena itu, makan lebih banyak alpukat membantu menjaga penglihatan Anda tetap kuat.

Buah lain yang baik untuk penglihatan: Selain alpukat, Anda juga bisa mendapatkan dosis lutein secara teratur dengan mengonsumsi lebih banyak jeruk keprok, pepaya, dan buah persik.

10. Anggur

Yang terakhir, anggur masuk dalam daftar karena kandungan resveratrolnya, yang diyakini dapat membantu memperpanjang umur. Belum cukup, mereka juga memberikan manfaat terkait kesehatan jantung dan anti inflamasi.

Buah-buahan lain yang baik untuk umur panjang: Jika Anda ingin alternatif buah lain untuk resveratrol, cobalah buah beri. Blueberry khususnya memberikan dosis yang banyak.

Pelajaran utama yang dapat diambil di sini adalah Anda harus makan lebih banyak buah secara umum. Ini adalah camilan yang manis dan lezat, jadi pesanannya tidak boleh terlalu banyak. *