Makanan yang Meningkatkan Fungsi Otak dan Suasana Hati

Santai152 Views
GITULAH.COM – Apakah Anda sebenarnya yang Anda makan? Analisis jangka panjang mendukung pepatah bahwa Anda adalah apa yang Anda makan dan membantu hasil kesehatan yang diperlukan dari vitamin yang baik.

Pilihan makanan sehat meningkatkan harapan hidup individu secara keseluruhan dan mengurangi risiko timbulnya berbagai masalah medis, termasuk penyakit jantung koroner dan kanker.

Dampak kesehatan dari makanan tidak berhenti begitu saja pada tubuh. Mereka juga meluas ke dalam pikiran, tidak hanya memengaruhi ancaman kita terhadap kondisi berbasis otak di masa depan (seperti stroke dan demensia) tetapi juga kemampuan kita untuk berpikir jernih pada saat itu serta suasana hati dan kesehatan mental kita.

Namun tidak mudah untuk mengetahui apa yang harus dimakan untuk kesehatan pikiran, dan bahkan cara mengukurnya. Banyak orang telah diberitahu bahwa makanan seperti blueberry, salmon, kacang-kacangan dan sayuran hijau disebut makanan pikiran. Namun bagaimana cara kerjanya? Apakah obat tersebut bersifat neuroprotektif? Apakah mereka membuat kita lebih pintar? Waspada ekstra? Apalagi terbebani? Lebih bahagia?

Psikiater diet Dr. Uma Naidoo telah membangun profesi untuk menentukan makanan mana yang meningkatkan fungsi pikiran dan secara positif memengaruhi perasaan kita. Dia adalah direktur psikiatri nutrisi dan gaya hidup di Rumah Sakit Normal Massachusetts, seorang guru di Fakultas Kedokteran Harvard, seorang penulis dan koki swasta.

Naidoo menggambarkan disiplin yang baru lahir dan berkembang pesat ini sebagai “persimpangan antara vitamin dan kesehatan mental.”

“Kita tidak berada pada level di mana saya bisa mengatakan, ‘Makanlah blueberry jenis ini sebagai cara untuk meningkatkan emosi Anda.’ Tapi kami pasti berkembang dan berkembang dalam bukti ilmiah untuk dapat mengatakan, ‘Anda dapat menyusun piring psikiatri nutrisi sesuai suasana hati Anda,’” katanya kepada Kepala Koresponden Medis CNN Dr. Sanjay Gupta baru-baru ini dalam karyanya podcast Mengejar Kehidupan.

Berapa banyak blueberry atau ons salmon yang harus kita makan dalam sehari untuk meningkatkan suasana hati kita tidak jelas, kata Naidoo, tetapi Diet Normal Amerika, juga dikenal sebagai SAD, yang dimakan terlalu banyak tidak bermanfaat bagi kita. kesejahteraan psikologis.

Topik Lain :  Murah Meriah, Inilah 8 Manfaat Ubi Jalar Bagi Anda

Cara makan seperti ini disebut SAD karena suatu alasan, katanya. Ini padat kalori dan miskin nutrisi, penuh dengan karbohidrat olahan, lemak berbahaya, dan gula tambahan, sedangkan buah-buahan segar, sayuran hijau, biji-bijian utuh, dan protein bening tidak ada.

“Setiap kali kita menambahkan sayuran hijau ini, makanan lengkap ini ke piring kita… dan menjauh sedikit dari makanan cepat saji olahan ini, kita akan menjadi semakin sehat sebagai orang pedesaan,” katanya. , termasuk bahwa makanan ultraproses dirancang untuk menipu pikiran kita, sehingga kita hampir tidak bisa berhenti makan berlebihan.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk menyehatkan pikiran dan meningkatkan emosi Anda? Naidoo menyajikan 5 saran ini. Dan untuk mempelajari lebih lanjut tentang manfaat mental dari mengonsumsi makanan seimbang dan bagaimana apa yang Anda makan memengaruhi suasana hati Anda, dengarkan Naidoo membahas bagiannya di Chasing Life.

Delapan puluh persen dari pola makan Anda harus mencakup makanan nyata, utuh, kaya serat seperti sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, polong-polongan dan biji-bijian rendah glikemik, lemak sehat, dan protein berkualitas tinggi yang bersumber dari baik, kata Naidoo. Untuk 20% sisanya, ada kelonggaran untuk “bersenang-senang dengan hidup yang sudah tiba.”

“Mengikuti aturan 80/20 memungkinkan disiplin diet dengan beberapa fleksibilitas. … Mengadopsi pola pikir ini memungkinkan kita mendapatkan semua nutrisi penenang pikiran yang kita butuhkan sambil menghindari rasa bersalah yang biasanya muncul karena bersikap kaku,” katanya.

Ini adalah satu hal yang sering Anda dengar: Makanlah berbagai macam sayuran dan buah-buahan dalam berbagai warna.

“Untuk mengoptimalkan kualitas nutrisi dalam makanan Anda, pastikan Anda makan pelangi,” kata Naidoo. “Makanan nabati dengan warna berbeda mengandung vitamin penambah otak yang berbeda, seperti polifenol tumbuhan.”

Dia memberitahu orang-orang untuk bersandar pada semua sayuran yang berbeda, tapi dia tidak terlalu fokus pada kentang dan ubi jalar. “Saya utama dengan sayuran hijau, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, lentil, dan kacang-kacangan.”

Jangan mengabaikan buah untuk “memasukkan gula alami ini ke dalam tubuh Anda daripada mengonsumsi makanan manis yang kita tahu bukanlah pilihan yang paling sehat,” katanya. “Saya ingin orang-orang memahami bahwa kita membutuhkan gula untuk tubuh dan sel-sel otak kita, jadi di situlah Anda mendapatkan gula yang diperlukan.”

Topik Lain :  Vidi Aldiano Ditunjuk Jadi Penasihat Rasa Fore Coffee

Naidoo mengatakan bahwa makan kaya tumbuhan juga menyediakan banyak serat “untuk mendukung mikrobioma yang sehat dan berkembang, yang mempengaruhi tubuh dan pikiran yang lebih sehat. Demikian pula, serat membantu mengurangi peradangan dan membantu menenangkan pikiran.”

Sayuran dan buah-buahan dalam semua warna pelangi memang bagus, namun Naidoo sangat memperhatikan warna hijau.

“Semua orang tahu bahwa sayuran hijau bermanfaat bagi tubuh, dan dalam psikiatri nutrisi kita tahu bahwa sayuran hijau juga bermanfaat bagi pikiran,” katanya, menjelaskan bahwa sayuran mengandung folat, vitamin B, yang merupakan bahan pembangun neurotransmiter penting seperti norepinefrin. , serotonin dan dopamin.

“Folat telah dikaitkan dengan penurunan gejala depresi dan peningkatan kognisi secara keseluruhan, yang membantu pikiran bahagia dan jernih,” katanya. “Saya merekomendasikan 4 hingga enam cangkir sayuran seperti bayam, kangkung, arugula, sayuran musim semi, atau sayuran dandelion per hari. Dan arugula adalah sayuran silangan, jadi pertimbangkan untuk menggunakannya sebagai salad sayuran dan bahkan untuk pesto padat nutrisi.”

Perhatikan fisik Anda, kata Naidoo.

“Aspek penting dari kesejahteraan psikologis adalah perhatian dan kemampuan untuk mengenali bagaimana suatu hal memengaruhi perasaan Anda dan bertindak sesuai dengan itu,” katanya.

“Jika ada sesuatu yang tidak membuat Anda merasa baik atau beraktivitas dengan baik setelah mengonsumsinya, mungkin ada pilihan diet yang lebih baik di pasaran. Perhatikan gejala kesehatan mental dan tubuh Anda sebagai respons terhadap berbagai makanan dan gunakan kecerdasan tubuh ini untuk memberi informasi kepada Anda.”

Iritasi adalah salah satu akar penyebab stres dan emosi rendah, kata Naidoo. “Ketika iritasi terjadi di usus karena tambahan/gula olahan, makanan olahan dan minyak biji-bijian industri (kedelai, jagung, dan biji anggur), pikiran menjadi kewalahan, terbebani dan cemas,” katanya.

“Ketika makanan rendah nutrisi, seperti makanan khas Barat, diganti dengan banyak sayuran dan buah-buahan, lemak sehat (terutama omega-3) dan protein, usus menjadi tenang dan stres di seluruh tubuh berkurang. pikiran.”