Penjualan Kendaraan Listrik AS Capai Rekor Tertinggi

Tesla Kehilangan Pangsa Pasar

Otomotif156 Views

GITULAH.COM – Penjualan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Amerika melonjak menjadi lebih dari 300.000 untuk pertama kalinya pada kuartal ketiga 2023. Namun pangsa pasar pemimpin industri Tesla merosot ke rekor terendah, sebuah laporan oleh Cox Automotive menunjukkan pada hari Kamis (12/10/2023).

Tesla kini hanya mendominasi separuh pasar, turun dari 62% pada kuartal pertama 2023, meskipun ada perang harga yang dimulai oleh perusahaan yang dipimpin Elon Musk untuk memperkuat pijakannya di arena EV yang kompetitif. Namun, perusahaan tersebut dapat membalikkan tren penurunan tersebut dengan meluncurkan truk pikap listrik Cybertruck, yang akan dikirimkan ke pelanggan pada kuartal ketiga 2023, kata perusahaan riset pasar tersebut.

Untuk mengejar ketertinggalan, produsen mobil lain telah secara agresif memotong harga untuk melawan kondisi permintaan yang sulit yang dipicu oleh inflasi yang tinggi dan kenaikan biaya pinjaman. “Tingkat persediaan yang lebih tinggi, ketersediaan produk yang lebih banyak, dan tekanan harga yang menurun telah membantu memacu pertumbuhan penjualan kendaraan listrik yang berkelanjutan di pasar AS,” kata Cox.

Perang harga yang dimulai oleh Tesla telah membawa rata-rata harga EV turun menjadi $50,683 pada bulan September, turun dari $52,212 pada bulan sebelumnya. Total penjualan kendaraan listrik pada kuartal ketiga meningkat hampir 50% dibandingkan tahun lalu, dan menyumbang rekor 7,9% dari total penjualan industri, menurut laporan tersebut.

Rivian Automotive menyerahkan lebih banyak mobil pada kuartal ketiga dari perkiraan analis, dan menegaskan kembali target produksi tahunannya sebesar 52,000 kendaraan. Tesla, sementara itu, meleset dari perkiraan pasar untuk pengiriman pada kuartal ketiga karena rencana peningkatan di pabriknya untuk meluncurkan versi terbaru dari sedan pasar massal Model 3 yang memaksa penghentian produksi.

Topik Lain :  Penjualan Mobil Listrik Diperkirakan akan Capai Rekor Baru di AS pada 2023

Firma analisis industri Canalys mengatakan awal bulan ini bahwa meskipun Tesla dominan di Amerika Serikat, terdapat peningkatan permintaan untuk pilihan kendaraan listrik yang lebih luas untuk memenuhi meningkatnya minat terhadap kendaraan listrik. *