Lumat Yordania 4-1, Skuad Garuda U23 ke Perempatfinal Piala AFC U23 2024

Arena, Sepak Bola431 Views

GITULAH.COM – Skuad Garuda U-23 berhasil mengukir sejarah penting, lolos ke babak delapan besar Piala Asia U-23. Skuad asuhan Shin Tae-yong mencatat sejarah tersebut setelah melumat Yordania U23 dengan skor 4-1 di ajang Piala Asia U23 Qatar 2024.

Dalam laga yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Minggu (21/4) malam WIB, Marselino Ferdinan mencetak dua gol; melalui titik penalti pada 23 dan tendangannya pada menit 70. Dua goll lain disumbang Witan Sulaeman (menit 40), dan Komang Teguh (menit 86). Sedangkan gol balasan Yordania terjadi akibat gol bunuh diri Justin Hubner (menit 79).

Pertandingan berlangsung seru dan pada menit ke-21, serangan Indonesia akhirnya bisa membuahkan hasil. Rafael Struick dilanggar Amer Jamoush di kotak penalti, dan wasit Ammar Ashkanani menunjuk titik putih.
Marselino Ferdinan menjadi eksekutor merobek jala Yordania. Witan Sulaeman di menit ke-40, berhasil menggandakan kedudukan lewat umpan Rizky Ridho, lalu Witan melepaskan sepakan placing indah kaki kiri dan mengirim bola masuk ke gawang Yordania. Skor 2-0.

Di babak kedua, Garuda U23 langsung mengancam pada menit ke-47. Eksekusi sepak pojok Nathan Tjoe-A-On menemukan Justin Hubner, namun bola tandukan Justin masih melebar. Garuda U23 sukses mencetak gol ketiga pada menit ke-70. Marselino Ferdinan menerima bola dari Pratama Arhan di dekat kotak penalti. Marselino melakukkan operan satu-dua dengan Witan Sulaeman dan sukses menyelesaikan peluang dengan sontekan manis ke gawang Yordania. Sudah unggul tiga gol, pelatih asal Korea, Shin Tae-yong menarik keluar tiga pemainnya, yaitu Rafael Struick, Fajar Fathurrahman, dan Muhammad Ferarri. Ilham Rio Fahmi, Hokky Caraka, dan Komang Teguh masuk ke lapangan.

Topik Lain :  Beda Target di Piala Asia U23 Qatar, PSSI Delapan Besar, Shin Tae-Yong Empat Besar

Pada menit 79, Yordania memperkecil ketinggalan setelah tendangan Kalbouneh menyentuh Justin Hubner yang berniat mengubah arahnya bola. Sayang, Justin malah melakukan gol bunuh diri. Ernando tak mampu menahan perubahan arah bola. Semenit kemudian, Indonesia mencetak gol keempat melalui Komang Teguh, yang sukses menanduk umpan lemparan ke dalam mematikan dari Pratama Arhan. Skor menjadi 4-1 untuk Indonesia.

Hasil ini memastikan Indonesia lolos ke perempatfinal (delapan besar) Piala Asia U-23 2024 dengan posisi runner-up Grup A dengan mengantongi enam poin. Tuan rumah Qatar menjadi juara Grup A. Di perempat final, skuad Garuda U23 masih menunggu lawan, antara Jepang atau Korea Selatan, yang bersaing di Grup B. Laga Jepang versus Korea bakal digelar Senin (22/4). Pemenangnya bakal menghadapi Indonesia. Sedangkan perempatfinal baru akan digelar pada 25=26 April mendatang.

Susunan Pemain
Indonesia: Ernando Ari (Adi Satryo 89′); Muhammad Ferarri (Komang Teguh 71′), Rizky Ridho, Justin Hubner; Fajar Fathurrahman (Ilham Rio Fahmi 71′), Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan; Marselino Ferdinan, Rafael Struick (Hokky Caraka 71′), Witan Sulaeman.

Yordania: Ahmad Al Juaidi; Danial Afaneh, Arafat Al Haj, Faisal Abu Shanab; Aref Al Haj, Mohannad Abu Taha, Amer Jamous (Waseem Al Riyalat 46’), Bashar Al Diabat (Ibrahim Sabra 64′), Aon Al Maharmeh (Ahmed Al Saman 46’); Sief Darwish (Ali Azaizeh 73′), Baker Kalbouneh (Saif Al Bashabsheh 89′).