Shin Tae-yong: Pemain Naturalisasi Bikin Timnas Semakin Kuat

Arena, Sepak Bola289 Views

GITULAH.COM – Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia Shin Tae-yong mengakui peran pemain naturalisasi mampu meningkatkan kualitas timnas. Shin menyebut kehadiran pemain naturalisasi memberikan warna baru dan juga menambahkan kekuatan skuat Garuda. “Adanya pemain naturalisasi menjadikan skuad kita semakin kuat,” ujar Shin, dalam keterangan persnya, Rabu (27/3).

Setelah menang 1-0 saat menjamu Vietnam di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Shin mengaku sempat khawatir dengan kondisi anak asuhnya. Pasalnya, 10 pemain berada dalam kondisi sakit yang tentu berdampak besar terhadap kondisi tim jelang melawat ke kandang Vietnam. “Setelah selesai pertandingan Indonesia melawan Vietnam, memang ada 10 pemain yang sakit, jadi saya menduga pertandingan kedua ini akan sulit,” ucap Shin.

Topik Lain :  Kualifikasi Piala Dunia 2026, Garuda Tekuk Vietnam Tiga Gol Tanpa Balas

Shin bersyukur program naturalisasi yang dilakukan di bawah kepemimpinan Ketua Umum PSSI Erick Thohir mampu menghapus kekhawatirannya. Shin memiliki ruang lebih luas dalam menentukan pemain mengingat kedalaman tim dengan kualitas yang mumpuni dari pemain naturalisasi lain. “Dengan bergabungnya pemain-pemain naturalisasi, kita bisa memilih skuad lebih leluasa,” sambung Shin.

Shin optimistis keberadaan pemain naturalisais tak hanya mampu meningkatkan kualitas timnas, melainkan juga memacu para pemain lokal untuk tampil lebih baik. Shin mengatakan persaingan yang sehat akan memberikan manfaat besar dalam menciptakan skuad timnas yang lebih tangguh. Shin mendorong para pemain lokal untuk meningkatkan levelnya agar bisa bersaing dengan para pemain naturalisasi.

Topik Lain :  Menang di Vietnam, Erick Thohir Minta Skuad Garuda Tetap Fokus Tatap Laga Hidup Mati

“Kondisi ini seharusnya mendorong pemain lokal lebih berjuang untuk menjadi lebih baik lagi sehingga timnas Indonesia akan semakin maju,” kata Shin.