Buah Belimbing – Manfaat, Fakta Gizi, & Resep Sehat

Santai132 Views

GITULAH.COM – Belimbing merupakan buah tropis asli Asia Tenggara. Ini telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia karena segudang kegunaan dan manfaatnya. Menggigit buah belimbing sangat memuaskan karena renyah dan berair.

Secara penampakan, buah belimbing merupakan buah berbentuk lonjong dengan lima tonjolan yang memanjang melintang. Punggungan inilah yang membuatnya tampak seperti bintang jika dilihat secara melintang, oleh karena itu dinamakan – Buah Belimbing.

Buahnya bisa manis atau asam tergantung varietas yang Anda pilih. Beberapa varietas asam bahkan berubah menjadi manis seiring berjalannya waktu saat matang.

Selain ciri-ciri tersebut, buah ini memiliki beberapa nutrisi yang tidak hanya memberikan nutrisi penting bagi tubuh tetapi juga membuat Anda tetap sehat dalam jangka panjang.

Nilai Gizi Buah Belimbing

Belimbing wuluh adalah makanan rendah kalori namun tinggi serat yang membuatnya sangat menyehatkan. Ini juga rendah lemak tetapi kaya akan Vitamin B, Vitamin C, natrium, kalium, zat besi dan beberapa antioksidan penting menjadikannya camilan sehat yang menyeluruh.

Sesuai USDA , 100 gram belimbing mengandung nutrisi sebagai berikut

  • Kalori: 31 kkal
  • Protein: 1,04 gram
  • Karbohidrat: 6,73 gram
  • Serat: 2,8 gram
  • Magnesium: 10mg
  • Fosfor: 12 mg
  • Kalium: 133 mg
  • Kalsium: 3 mg
  • Vitamin C: 34,4mg

6 Manfaat Buah Belimbing yang Terbukti

Rasa manis dan tajam dari buah belimbing dapat dinikmati tanpa rasa bersalah karena mengandung banyak nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan. Dibawah ini adalah beberapa manfaat mengkonsumsi buah belimbing.

1. Mencegah Peradangan

Belimbing merupakan sumber vitamin C yang baik . Satu porsi buah ini dapat memenuhi 57% asupan vitamin C harian yang direkomendasikan. Vitamin C membersihkan racun tubuh Anda, dan kualitas anti-inflamasinya membantu mengatasi kondisi kulit seperti dermatitis.

Ini juga membantu tubuh Anda melawan flu dan pilek. Menurut penelitian , konsumsi vitamin C yang cukup dapat secara signifikan meningkatkan toleransi Anda terhadap pilek dan kekuatan melawan infeksi.

Lebih lanjut, penelitian menunjukkan bahwa vitamin C juga dibutuhkan tubuh untuk membuat kolagen yang terdapat pada tulang, otot, dan tulang rawan. Ini juga membantu dalam menyerap nutrisi penting lainnya – zat besi.

Studi menunjukkan bahwa kekurangan vitamin C dapat menyebabkan penyakit kudis, kulit buruk, penyembuhan jaringan lambat dan kelelahan. Memasukkan buah belimbing ke dalam menu makanan Anda akan memastikan kadar vitamin C Anda selalu optimal.

2. Baik untuk Jantung

Belimbing sarat dengan mineral penting seperti natrium dan kalium yang mengatur tekanan darah Anda.

Sesuai penelitian , kadar kedua mineral ini yang sehat akan memastikan tekanan darah Anda tidak berfluktuasi secara radikal dan ritme detak jantung Anda tetap stabil. Ini juga mengandung kalsium yang sekali lagi sangat bermanfaat bagi jantung Anda.

Jumlah kalsium yang sehat memastikan sirkulasi darah yang kuat dan keseimbangan cairan dalam tubuh, sehingga mengurangi kemungkinan Anda terkena penyakit jantung.

3. Melawan Diabetes dan Kolesterol Tinggi

100g belimbing mengandung 2,8g serat buah yang membantu memeriksa kadar gula darah Anda. Memperlambat penyerapan gula dari makanan, sehingga membantu mencegah lonjakan gula darah. Dengan melakukan ini, ini membantu mengatur kadar gula darah dan insulin Anda.

Mengonsumsi makanan tinggi serat dapat mencegah diabetes dan juga secara aktif membantu orang yang sudah menderita diabetes. Karena belimbing sangat mudah dimakan dan kaya serat, belimbing wuluh menjadi camilan sehat dan bebas rasa bersalah bagi penderita diabetes.

Tinggi serat juga membantu mengatasi kolesterol tinggi dan mengakibatkan kerentanan terhadap penyakit jantung. Selain itu, setiap 100g buah ini hanya mengandung 0,3g lemak, sehingga sangat cocok untuk menjaga kesehatan kadar kolesterol.

4. Pencernaan dan Metabolisme Lebih Baik

Kehadiran serat makanan yang kaya dalam buah ini memiliki manfaat kesehatan lain – meningkatkan pencernaan Anda. Menurut penelitian , serat membantu mengatur kelembutan tinja Anda, sehingga mudah melewati sistem Anda.

Orang yang menderita sembelit akan merasa lega karena buah ini merangsang pencernaan dan meningkatkan kesehatan usus Anda. Kesehatan usus yang baik juga akan mengatasi gejala pencernaan buruk lainnya seperti kram dan kembung.

Topik Lain :  Sawi Hijau: Fakta Gizi dan Manfaat Kesehatan

Buah ini juga kaya akan vitamin B yang penting untuk fungsi dan perkembangan sel normal. Belimbing mengandung dua jenis Vitamin B-riboflavin dan folat juga disebut sebagai asam folat dalam suplemen makanan. Penelitian mengatakan bahwa kedua vitamin ini mengatur metabolisme Anda dan memastikan kadar hormon dan enzim Anda tetap dalam kisaran normal.

5. Rambut dan Kulit Sehat

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah belimbing berperan sebagai antioksidan kuat, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Penelitian membuktikan bahwa vitamin C juga berperan penting dalam sintesis kolagen, protein yang menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Mengkonsumsi belimbing dapat membantu membuat kulit tampak awet muda dan mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus dan kerutan.

Dalam hal kesehatan rambut, profil nutrisi buah belimbing mendukung rambut yang kuat dan berkilau. Kehadiran vitamin C membantu produksi kolagen, yang memperkuat helai rambut dan mendorong pertumbuhan yang sehat. Selain itu, sifat hidrasi belimbing membantu menjaga kelembapan rambut dan kulit kepala, mencegah kekeringan, gatal, dan ketombe. Konsumsi buah belimbing secara teratur dapat membuat rambut tampak cerah dan sehat.

6. Mengatur Berat Badan

Kandungan gulanya yang rendah membuat belimbing menjadi camilan yang ideal untuk disantap tanpa khawatir berat badan bertambah. Kandungan serat yang tinggi juga membuat metabolisme Anda bekerja cepat sehingga memastikan Anda membakar kalori dengan cepat.

Makanan yang tinggi serat juga lebih mengenyangkan dibandingkan makanan rendah serat, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama.

Ringkasan

Belimbing, dengan rasanya yang manis dan tajam, merupakan sumber nutrisi yang menawarkan banyak manfaat kesehatan. Kaya akan vitamin C, yang membantu mencegah peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan produksi kolagen untuk kesehatan kulit dan rambut. Kandungan mineral buah ini, termasuk natrium, kalium, dan kalsium, mendukung kesehatan jantung dan mengatur tekanan darah. Kandungan serat yang tinggi pada buah belimbing membantu pencernaan, mengatur kadar gula darah dan meningkatkan pengelolaan berat badan. Selain itu, ini berkontribusi pada kesehatan rambut dan kulit yang lebih baik, memberikan hidrasi dan nutrisi penting. Dengan kandungan gulanya yang rendah, belimbing bisa dinikmati sebagai camilan bebas rasa bersalah.

Tindakan Pencegahan dan Pertimbangan

Meskipun buah belimbing menawarkan berbagai manfaat kesehatan, penting untuk mempertimbangkan beberapa tindakan pencegahan dan potensi risiko yang terkait dengan konsumsinya. Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu diingat:

Fungsi Ginjal : Belimbing mengandung senyawa alami yang disebut oksalat, yang dapat berbahaya bagi penderita masalah ginjal. Oksalat dapat menumpuk di dalam tubuh dan membentuk kristal sehingga berpotensi menyebabkan pembentukan batu ginjal. Jika Anda memiliki penyakit ginjal atau riwayat batu ginjal, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum mengonsumsi buah belimbing.

Interaksi Obat : Belimbing mengandung zat tertentu yang dapat berinteraksi dengan obat. Ini mungkin menghambat aktivitas enzim hati spesifik yang bertanggung jawab untuk memetabolisme obat-obatan tertentu, sehingga menyebabkan tingkat obat yang lebih tinggi dalam tubuh. Hal ini berpotensi menyebabkan efek samping atau mempengaruhi kemanjuran obat. Jika Anda sedang mengonsumsi obat resep apa pun, penting untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum memasukkan buah belimbing ke dalam makanan Anda.

Reaksi Alergi : Beberapa orang mungkin memiliki reaksi alergi terhadap buah belimbing. Alergi dapat bermanifestasi sebagai gatal, bengkak, gatal-gatal, atau kesulitan bernapas. Jika Anda diketahui memiliki alergi terhadap belimbing atau buah lain dalam keluarga Oxalidaceae (seperti kiwi atau stroberi), sebaiknya hindari konsumsi buah belimbing.

Moderasi : Seperti halnya makanan apa pun, moderasi adalah kuncinya. Meskipun buah belimbing bisa menjadi tambahan nutrisi untuk makanan Anda, mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan, termasuk diare atau sakit perut. Disarankan untuk mengonsumsi buah belimbing secukupnya dan dalam rangka pola makan seimbang.

Topik Lain :  6 Manfaat Stroberi untuk Kesehatan

Kehamilan dan Menyusui : Wanita hamil atau menyusui sebaiknya berhati-hati saat mengonsumsi buah belimbing. Meskipun buah belimbing umumnya dianggap aman, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum memasukkannya ke dalam makanan Anda selama tahap ini.

Resep Belimbing Sehat dan Enak

Anda dapat menggunakan beberapa resep sehat yang disebutkan di bawah ini untuk menikmati buah ini dan mendapatkan semua manfaat kesehatannya.

#1 Smoothie Stroberi Belimbing

Smoothie vegan yang bergizi ini adalah cara yang bagus untuk mengurangi rasa lapar yang tak henti-hentinya sekaligus memastikan tubuh Anda mendapatkan semua vitamin dan mineral yang diperlukan.

Waktu persiapan: 5 menit; Waktu memasak: 2 menit

  • Belimbing : 100 gr
  • Stroberi: 150 gram
  • Air: 150ml
  • Jus lemon: 1 sdm
  • Mangga: 150 gram

Proses

  • Potong semua buah dan masukkan ke dalam blender.
  • Setelah tercampur dengan konsistensi pilihan Anda, sajikan

#2 Salad Udang Belimbing

Hidangan lezat ini merupakan perpaduan indah dari berbagai rasa dan tekstur. Renyah, berair, dan menyegarkan – hidangan lezat tersendiri atau pendamping yang sama enaknya dengan pilihan makan siang/makan malam biasa.

Waktu persiapan: 15 menit; Waktu memasak: 10 menit

Bahan-bahan:

  • Udang matang: 150 gr
  • Belimbing : 350 gr
  • Mentimun: 200 gram
  • Bawang merah: 100 gram
  • Daun mint: 10 gram
  • Lada dan Garam : Sesuai selera
  • Jus lemon: 1 sdm
  • Kecap ikan: 1 sdm

Metode:

  • Masukkan udang yang sudah matang ke dalam mangkuk salad.
  • Tambahkan belimbing bersama mentimun cincang, bawang bombay, dan daun mint segar ke dalam mangkuk.
  • Siapkan saus salad dengan mencampurkan jus lemon, kecap ikan, garam dan merica.
  • Aduk rata dan tuangkan di atas salad.
  • Paling baik disajikan segar.

#3 Acar Belimbing

Cara lain untuk benar-benar menikmati belimbing adalah dengan mengasinkannya, dengan cara India.

Waktu persiapan: 20 menit; Waktu memasak: 45 menit.

Bahan-bahan

  • Belimbing : 250 gr
  • Minyak mustard: 5 sdm
  • Biji sesawi: 1 sdm
  • Biji adas: 4 sdm
  • Bubuk cabai merah: 1 sdm
  • Garam: Sesuai selera
  • Bubuk kunyit: 1 sdt

Metode:

  • Cuci dan keringkan buah belimbing. Kemudian potong menjadi bentuk bintang.
  • Panggang dan haluskan biji sawi dan adas.
  • Masukkan campuran biji giling beserta belimbing wuluh dan bumbu ke dalam toples pengawet.
  • Biarkan selama sehari.
  • Setelah satu hari berlalu, panaskan sedikit minyak mustard dan tuangkan ke dalam stoples acar.
  • Simpan di bawah sinar matahari setidaknya selama 4 hari sebelum digunakan.

Saran Sehatkan Saya

Belimbing memberikan keajaiban pada kulit seperti yang disebutkan sebelumnya. Selain dikonsumsi dan dipetik manfaatnya, belimbing juga bisa dijadikan masker wajah buatan sendiri. Ambil 1 buah belimbing wuluh berukuran sedang dan haluskan hingga menjadi bubur kental bersama dengan 1 sendok makan air jeruk nipis. Tambahkan 2 sendok makan madu dan aduk. Pijat ke seluruh wajah atau area bermasalah dan biarkan selama 10 hingga 15 menit. Cuci wajah Anda dengan air hangat dan tepuk-tepuk kulit hingga kering.

Kesimpulan

Kesimpulannya, belimbing merupakan buah tropis yang lezat dan bergizi serta menawarkan berbagai macam manfaat kesehatan. Dikemas dengan vitamin C, mineral, dan serat, ini mendukung kesejahteraan secara keseluruhan dan meningkatkan fungsi optimal berbagai sistem tubuh. Dari sifat anti-inflamasi hingga efek positifnya pada kesehatan jantung, pencernaan, pengaturan gula darah, dan pengelolaan berat badan, belimbing terbukti menjadi tambahan yang berharga untuk diet sehat. Selain itu, potensi manfaatnya bagi kesehatan kulit dan rambut menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan kecantikan alami seseorang. Jadi silakan nikmati rasa unik buah belimbing sambil mendapatkan banyak manfaat nutrisinya.

Penafian: Tujuan artikel ini hanya untuk menyebarkan pengetahuan dan meningkatkan kesadaran. Ini tidak bermaksud untuk menggantikan nasihat medis dari para profesional.