Garuda Muda Catat Sejarah, Raih Poin Pertama Piala Dunia

Arena, Sepak Bola218 Views
GITULAH.COM – Skuad U-17 Indonesia mengawali kiprahnya di Piala Dunia U-17 dengan tampil apik. Tim asuhan Bima Sakti itu sukses menahan raksasa Amerika Latin, Ekuador 1-1 pada laga pembuka Grup A Piala Dunia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (10/11).
 
Skuad Indonesia bahkan unggul lebih dulu pada menit 22 ketika striker Arkhan Kaka menuntaskan sodoran umpan Riski Afrisal, yang merobek sektor kanan pertahanan Ekuador. Penjaga gawang Cristian Loor gagal membendung umpan tersebut sehingga bola dengan mudah dilesakkan menggetarkan gawang Ekuador. Enam menit kemudian, Allen Obando menyamakan skor ketika tandukkannya gagal ditepis penjaga gawang Indonesia Ikram Al Giffari.
 
Meski imbang, namun hasil ini merupakan sejarah baru sepak bola Indonesia, karena mampu meraih poin pertama di ajang Piala Dunia. Di klasemen Grup A Piala Dunia U-17, Indonesia sementara menempati posisi kedua setelah Maroko yang menumbangkan Panama dua gol tanpa balas. Ekuador dan Panama masing-masing di urutan tiga dan empat.
 
Sementara di Grup B, Mali menempati posisi teratas setelah menumbangkan Usbekistan 3-0. Posisi kedua ditempati Spanyol yang mengalahkan Kanada 2-0. Kanada dan Usbekistan masing-masing berada di posisi tiga dan empat.
 
Presiden Jokowi mengapresiasi kerja keras para pemain Indonesia yang mampu mengejutkan di laga pembuka Piala Dunia. “Dengan hasil ini kita sudah mendapat satu poin. Itu harus diapresiasi karena peringkat Indonesia dan Ekuador terpaut jatuh. Yang satu 38 (ranking FIFA) yang satu 145,” ujar Presiden Jokowi sesuai laga, Jumat (10/11), dikutip situs resmi PSSI.
 
Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga mengapresiasi perjuangan Arkhan Kaka dan kawan-kawan. Menurutnya semangat hari pahlawan menjadi inspirasi untuk mencetak sejarah. “Alhamdulillah tepat di hari pahlawan dan stadion yang memakai nama Bung Tomo, anak-anak menunjukkan semangat tak mau kalah. Di hari bersejarah ini Alhamdulillah kita meraih hasil yang bersejarah bagi sepakbola Indonesia yang merebut poin pertamanya di piala dunia,” ujar Erick.
 
Berikut Klasemen Sementara Piala Dunia U-17 2023
 
Group A
Skuad Main Menang Seri Kalah Selisih Gol Poin
Maroko  1 1 0 0 2 3
Indonesia 1 0 1 0 0 1
Ekuador 1 0 1 0 0 1
Panama 1 0 0 1 -2 0

 

Topik Lain :  Jadwal Semifinal All England 2023: Rehan/Lisa, Fajar/Rian, dan Ahsan/Hendra Wakil Indonesia yang Tersisa

 

 

 

Grup B

Skuad Main Menang Seri Kalah Selisih Gol Poin
Mali  1 1 0 0 3 3
Spanyol 1 1 0 0 2 3
Kanada 1 0 0 1 -2 0
Usbekistan 1 0 0 1 -3 0