Kualitas Udara di Kota Depok Terpantau Semakin Baik dan 100 Persen Layak Hirup

Depok, Megapolitan202 Views

GITULAH.COM — Kabar gembira bagi warga Kota Depok, Jawa Barat. Di tengah ramainya pemberitaan polusi udara di Jakarta, ternyata kualitas udara Kota Depok hingga Selasa (29/8) terpantau masih dalam keadaan baik.

Berdasarkan Angka Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Kota Depok, kualitas udara berada di angka 46 PM.25 atau masuk kategori baik pada Selasa (29/08/2023) pukul 06.00 WIB.

“Kualitas udara di Kota Depok semakin membaik hingga siang hari,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Abdul Rahman, Selasa (29/8).

Dijelaskan Rahman, Stasiun Pemantauan Kualitas Udara (SPKU) di Kota Depok milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menunjukkan kualitas udara di Kota Depok dalam kondisi baik. SKPU terletak di Balai Kota Depok yang berada di pusat kegiatan masyarakat.

“Angka ISPU di Kota Depok ada di kategori Baik, yaitu partikel halus di udara yang ukurannya 2,5 mikron atau lebih kecil dari itu sebesar 44 PM.25 dan pada siang hari ini semakin baik 42 PM2.5. Artinya kualitas udara di Kota Depok 100 persen layak hirup,” sebut Rahman.

Dengan status layak hirup tersebut, jelas Rahman, artinya tingkat kualitas udara di Kota Depok sangat baik, tidak memberikan efek negatif pada manusia, hewan, dan tumbuhan.

“Untuk itu, warga Kota Depok diminta untuk melakukan upaya untuk menjaga kualitas udara tetap masuk kategori baik. Di antaranya dengan tidak melakukan aktivitas yang mencemari lingkungan,” kata Rahman.

Topik Lain :  Baznas Depok Tetapkan Standar Harga Beras untuk Zakat Fitrah 2023 Sebesar Rp45.000,-