Naturalisasi Tiga Pemain Disetujui, Bakal Perkuat Timnas Sepak Bola di Piala Dunia U20

Arena, Sepak Bola351 Views

GITULAH.COM – Timnas sepak bola U20 Indonesia yang berlaga di Piala Dunia U20 2023 Mei mendatang bakal diperkuat tiga pemain naturalisasi asal Belanda, Ivar Jenner, Rafael William Struick, dan Justin Quincy Hubner. Proses naturalisasi tiga pemain keturunan tersebut sudah disetujui Komisi X DPR RI.

Diketahui, tiga pemain keturunan tersebut diproyeksikan untuk bisa memperkuat Timnas U-20 Indonesia di Piala Dunia U-20 2023 yang bakal digelar di Indonesia pada Mei mendatang. “Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Justin Quicy Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick,” ujar Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, usai Rapat Kerja Komisi X DPR RI dengan Plt. Menteri Pemuda dan Olahraga Muhadjir Effendy, Senin (20/3), Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta.

Huda menegaskan naturalisasi itu seharusnya menjadi pilihan terakhir sehingga hak anak muda Indonesia yang ingin berprestasi terbaik melalui timnas bisa terjaga. Lebih lanjut, ditegaskan pula, ke depan, menyatakan setiap keputusan naturalisasi yang disetujui akan dievaluasi. Mengingat, naturalisasi hanya berupa langkah cepat untuk menyelesaikan permasalahan teknis timnas saja.

Topik Lain :  Mulai 2026, FIFA Rombak Format Piala Dunia Jadi 48 Peserta, Selama 57 Hari

Ketiga pemain tersebut, selanjutnya akan mendapatkan SK Presiden dan terakhir pengambilan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia. Setelah itu para pemain tersebut akan melakukan proses perpindahan federasi dari negara sebelumnya. Proses naturalisasi Justin Hubner, Ivar Jenner dan Rafael Struick sudah berjalan sejak Oktober 2022 lalu.

Justin Hubner sempat dipanggil Timnas Belanda ketika proses naturalisasinya di Indonesia yang belum rampung. Justin mendapat panggilan untuk memperkuat Belanda U20 dalam pertandingan persahabatan kontra Perancis U20. Pemain Wolverhampton Wanderers U19 di Liga Inggris itu, sekarang masih warga negara Belanda. Namun, pemain berdarah Indonesia-Belanda itu telah memperkuat Timnas U20 Indonesia di ajang ujicoba. Saat uji coba Justin diizinkan membela Timnas U-20 Indonesia karena pertandingan tersebut sebatas uji tanding atau laga tak resmi yang tidak berimbas pada Ranking FIFA.