Presiden Jokowi Siap Dukung Transformasi Sepak Bola Indonesia

Sepak Bola150 Views

GITULAH.COM — Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah siap mendukung transformasi sepak bola Indonesia.

Penegasan itu disampaikan Presiden saat menerima kunjungan pengurus baru Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), pada Senin (20/2), di Istana Merdeka Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Kepala Negara memberikan sejumlah masukan kepada PSSI terkait transformasi sepak bola Indonesia.

“Beliau tadi memberikan masukan-masukan kepada kami bahwa bagaimana pemerintah siap mendukung transformasi sepak bola Indonesia,” ujar Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam keterangannya usai pertemuan, seperti dikutip dari laman resmi Presiden RI, presidenri.go.id.

Erick menambahkan bahwa pemerintah akan mendukung pembangunan sejumlah infrastruktur yang dibutuhkan oleh tim nasional maupun PSSI, mulai dari pusat pelatihan, hingga lapangan-lapangan pertandingan untuk kejuaraan internasional. Tidak hanya itu, dukungan juga akan diberikan oleh pemerintah terkait perizinan.

“Ini tentu bagian yang luar biasa yang selama ini menjadi kendala. Pemerintah juga mendukung–tadi disampaikan melalui Kapolri–tidak hanya perizinan, tetapi juga bagian perbaikan dari sistem pengaturan skor, di mana Kapolri sendiri kemarin sudah menyampaikan sudah membuat satgas (penanganan) mafia sepak bola,” ungkap Erick Thohir.

Dalam kesempatan tersebut, menurut Erick, Presiden juga memberikan masukan agar terjalin kerja sama yang baik antara PSSI dengan pemerintah. Presiden meyakini transformasi sepak bola Tanah Air akan berhasil jika didukung oleh seluruh pihak, mulai dari pemerintah, PSSI, kementerian/lembaga, hingga masyarakat.

“Hal-hal ini kenapa kami sangat senang ketika kami bisa bertemu Bapak Presiden langsung dan mendapat komitmen penuh bahwa sepak bola ini akan menjadi yang penting, menjadi program pemerintah,” ucap Erick.

Terakhir, Presiden memberikan masukan kepada PSSI untuk membuat blueprint atau cetak biru persepakbolaan nasional, baik dalam jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang. Erick pun menegaskan bahwa pihaknya akan segera merealisasikan arahan tersebut.

Topik Lain :  Klasemen Sementara Liga Inggris

“Ini menjadi komitmen kami bahwa blueprint sepak bola ini harus segera terjadi dan Insya Allah kita buktikan dengan kepengurusan yang baru kita bisa bekerja memaksimalkan mungkin yang namanya sepak bola Indonesia,” tandas Erick.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Sedangkan pengurus PSSI yang hadir antara lain Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha, dan para anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI.