Bappebti Siap Hadirkan Bursa Aset Kripto Tahun Ini

Bisnis264 Views

GITULAH.COM – Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) siap menghadirkan bursa aset kripto pada tahun 2023 ini. Kesiapan ini tertuang dalam rumusan hasil Rapat Kerja Bappebti tahun 2023 yang telah berlangsung pada 19-20 Januari 2023. Komitmen tersebut juga sesuai mandat Undang-Undang Nomor 32/1997 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi.

“Sesuai arahan Menteri Perdagangan, agar Bappebti segera membuat kelengkapan ekosistem perdagangan fisik aset kripto di Indonesia. Dengan kata lain, kami siap menghadirkan bursa kripto pada tahun 2023 ini,” terang Plt Kepala Bappebti Didid Noordiatmoko, saat menutup Rapat Kerja Bappebti yang digelar di auditorium Bappebti, Jakarta, akhir pekan lalu.

Selanjutnya, menurut Didid, Bappebti akan terlibat secara aktif dalam penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah terkait Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK). Sebab, perlu ditetapkan batasan kewenangan Bappebti dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta definisi yang jelas mengenai komoditasi dan derivatif dalam industri perdagangan berjangka komoditi.

Selain menyiapkan bursa aset kripto, Didid juga menjelaskan Bappebti diminta untuk dapat menetapkan komoditas yang dapat dijadikan referensi harga di bursa berjangka, khususnya crude palm oil (CPO). Ditargetkan Juni 2023, CPO akan diperdagangkan di Bursa Berjangka, baik untuk perdagangan domestik maupun ekspor. Didid mengatakan, Bappebti akan menggencarkan sosialisasi dan meningkatkan pemanfaatan sistem resi gudang (SRG).

“Kami mengajak seluruh pihak untuk meningkatkan kerja sama dan sinergi agar pelaksanaan program kerja 2023 dapat dilakukan secara optimal sesuai target yang telah ditetapkan. Bappebti akan memperkuat penyediaan data dan informasi, serta memperbanyak literasi ke masyarakat melalui berbagai media, baik media sosial maupun media massa,” tandas Didid.

Topik Lain :  Pilihan Saham untuk Perdagangan 27 Oktober 2023