Diresmikan Jokowi, Ini Tiga Seri Ranops Maung

Nasional208 Views

GITULAH.COM – Kendaraan operasional satuan (Ranops) TNI ‘Maung’ baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo pada Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahananan (Kemhan) 2023 pada 18 Januari 2023 lalu, di Lapangan Urip Sumohardjo, Jakarta. Peresmian ditandai dengan penandatangan dan pecah kendi.

Peresmian tersebut disaksikan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Dirut PT Len Industri (Persero) Bobby Rasyidin, Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose serta jajaran Direksi PT Pindad lainnya.

Maung merupakan Ranops TNI 4×4 WD terbaru produksi PT Pindad. Maung didisain untuk medan offroad guna mendukung operasi serta mobilisasi pertempuran jarak dekat dan jelajah dalam segala medan. Kendaraan ini memiliki kemampuan manuver yang gesit dan handal untuk mendukung mobilitas penggunanya. Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad, Sigit Puji Santosa, dalam siaran pers PT Pindad, menjelaskan Ranops ini merupakan versi ketiga dari Maung. Kendaraan versi ketiga ini merupakan kombinasi untuk kegiatan pasukan di lapangan dan operasional komandan.

Maung versi ketiga ini juga diproduksi dalam tiga seri, yaitu Seri KOMANDO yang disiapkan khusus untuk Komandan; Seri JELAJAH yang bisa digunakan untuk lapangan dan operasional; dan Seri TANGGUH yang dimanfaatkan untuk latihan tempur dan lain-lain sehingga dapat dilengkapi dengan senjata.

Ranops Maung produksi PT Pindad
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Ranops Maung, Sening (18/1), di Jakarta. Foto : Dok PT Pindad

Menurut Sigit, Maung versi ketiga ini memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan dua versi sebelumnya. Kelebihan tersebut antara lain terletak pada kelincahannya dalam bermanuver dan dari sisi fungsionality bisa multi-purpose. Proses produksi Ranops Maung dilakukan dengan optimalisasi komponen dan ekosistem otomotif nasional sehingga mendukung terciptanya ekosistem industri otomotif yang mandiri. Dengan optimalisasi ekosistem industri otomotif dalam negeri yang dilakukan PT Pindad dan mitra, TKDN dikembangkan sebesar mungkin hampir sekitar 65 persen dan bakal terus ditingkatkan.

Topik Lain :  Ferdy Sambo Divonis Pidana Mati di Kasus Pembuhuhan Yosua

Ranops Maung ini dapat mengangkut empat personel dan memiliki lima pintu yang dapat diakses yakni empat pintu samping dan satu pintu belakang. Maung tersedia dengan pilihan atap menggunakan Hard Top, Soft Top dan atap terbuka. Sedangkan spesifikasinya, Ranops Maung ini mengandalkan mesin diesel 4 silinder turbocharged berdaya 136 HP. Kendaraan ini dapat melaju di kecepatan aman 100 km/jam dan memiliki jarak tempuh hingga 500 km. Suspensi depan menggunakan independent coil spring, sementara suspensi belakang menggunakan rigid/independent with shock absorber.

Kendaraan ini sudah mulai diperkenalkan ke publik sejak pameran Indo defence 2022 Expo & Forum November lalu. Selain Ranops Maung terbaru, pada Rapim Kemhan tahun kali ini Pindad juga menampilkan berbagai kendaraan lainnya meliputi Ranpur Badak, Anoa dan Medium Tank Harimau.