Perluas Jaringan Global, BNI ekspansi ke Negeri Kincir Angin

Bisnis233 Views

JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) terus berupaya menggarap pasar global, dengan berekspansi ke Amsterdam, Belanda. Jaringan cabang internasional ini diresmikan oleh Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo. Kartika, yang akrab disapa Tiko, menyampaikan kehadiran BNI di Amsterdam dapat meningkatkan hubungan bisnis Indonesia dan Belanda, maupun dengan negara lainnya di kawasan Eropa.

“Mewakili Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kami menyampaikan apresiasi pada BNI yang proaktif mengembangkan jaringan global,” ujar Tiko saat meresmikan Representative Office BNI Amsterdam, Selasa (17/6), seperti dijelaskan dalam siaran pers BNI. Diresmikannya Kantor Perwakilan BNI Amsterdam ini menambah daftar BUMN yang go global.

Kementerian BUMN juga proaktif mendorong lebih banyak perusahaan BUMN untuk memperluas bisnisnya di kancah global sehingga dapat menjadi referensi bagi perusahaan-perusahaan lain di Indonesia, mendorong BUMN sebagai pemain global, mengoptimalkan transaksi serta nilai investasi outbond BUMN serta mensinergikan BUMN agar menghasilkan kebijakan strategis yang harmonis dan terintegrasi. Saat ini, sudah ada 17 BUMN telah beroperasi di luar negeri, dengan total 83 cabang/anak usaha/cucu perusahaan/joint venture di 26 negara.

Hadir pula Duta Besar RI untuk Belanda Mayerfas, dan Duta Besar RI untuk Belgia merangkap Luksemburg dan Uni Eropa Andri Hadi beserta Kepala Perwakilan Bank Indonesia London Farida Peranginangin. Sedangkan dari pihak BNI, Direktur Utama BNI Royke Tumilaar hadir secara langsung beserta Direktur Treasury dan Internasional BNI Henry Panjaitan, dan Direktur Corporate Banking BNI Silvano Winston Rumatir.

Royke mengatakan BNI hadir di Amsterdam untuk menyasar pasar di Eropa pasca Brexit. Volume transaksi perdagangan/trade (ekspor-impor) Belanda dengan Indonesia cukup besar, termasuk aliran Foreign Direct Investment (FDI) ke Indonesia dan juga potensi Indonesia-related business serta group perusahaan Indonesia. Selain itu, juga besarnya populasi diaspora Indonesia di Belanda sehingga dapat membantu berbagai aktivitas bisnis korporasi maupun UMKM, serta berbagai bisnis transaksi global ritel.

Topik Lain :  Pilihan Saham untuk Perdagangan 11 Oktober 2023

“Kami berharap Amsterdam dapat menjadi salah satu daerah operasional yang strategis sehingga dapat meningkatkan peran BNI sebagai bank global Indonesia yang aktif mendorong investasi langsung ke tanah Air,” sebutnya.