Update Covid-19 Depok: Tempat Isolasi Terpusat di Pusat Studi Jepang UI Dibuka Kembali

Megapolitan211 Views

DEPOK — Warga Depok, Jawa Barat, yang terpapar Covid-19 dan ingin melakukan isolasi terpusat tidak perlu pusing lagi. Pemerintah Kota Depok telah membuka kembali Tempat Isolasi Terpusat (Isoter) bagi pasien Covid-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG) di Guest House Pusat Studi Jepang (PSJ) Universitas Indonesia mulai 31 Januari 2022 lalu.

Sebelumnya, tempat isoter Kota Depok tersebut ditutup pada akhir November 2021 lantaran kasus Covid-19 telah melandai. Namun, kini dibuka lagi karena persentase kasus positif atau positivity rate mengalami peningkatan yang signifikan di Kota Depok.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Mary Liziawati. mengatakan membuka kembali PSJ UI seiring meningkatnya kasus konfirmasi Covid-19 di Kota Depok. Tempat isoter tersebut ditujukan bagi pasien Covid-19 dengan status OTG atau gejala ringan tanpa komorbid.

“Setelah ditutup karena tidak ada pasien, mulai 31 Januari kemarin dibuka kembali,” jelasnya seperti dikutip laman resmi Pemkot Depok, berita.depok.go.id, Kamis (03/02/22).

Mary mengatakan, terdapat beberapa kriteria pasien untuk dapat menjalankan isoter di PJS UI. Pertama, memiliki KTP atau domisili Kota Depok dilengkapi dengan surat keterangan RT-RW, atau bekerja di wilayah Kota Depok. Kedua, berstatus positif Covid-19, tidak memiliki komorbid, dan tidak bisa menjalani isolasi mandiri di rumah.

Ketiga, berusia lebih dari 15 tahun dan maksimal 60 tahun serta kondisi mandiri tidak memerlukan bantuan orang lain. “Sedangkan, untuk pendaftaran pasien dapat dilakukan melalui rujukan puskesmas setempat,” ujarnya.

Topik Lain :  Wali Kota Depok Ungkap Dampak Positif Program PMT Lokal, Berat Badan Balita Mulai Naik