Catat Sejarah Baru, Indonesia Lolos ke Fase Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Arena, Sepak Bola481 Views

GITULAH.COM – Indonesia mengakhiri fase kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan menekuk Filipina dua gol tanpa balas, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6). Skuad Garuda, dengan kemenangan ini juga mencatat sejarah baru, lolos ke fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia

Sejak awal laga Indonesia mengambil inisiatif serangan. Skuad asuhan Shin Tae-yong langsung menggempur dan mengurung pertahanan Filipina. Tom Haye mengawali kemenangan Skuad Garuda dengan tendangan jarak jauh setelah menerima umpan dari Nathan Tjoe-A-On, pada menit 32. Keunggulan satu gol bertahan sampai babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Skuad Garuda tak mengurangi tekanan. Tendangan bebas Ragnar Oeratmangun disambut sundulan Rizky Ridho tanpa mampu ditepis kipper Filipina. Berkat kemenangan ini, Indonesia dipastikan mengantongi 10 poin dan menempati peringkat dua grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kemenangan ini sekaligus mengantarkan Indonesia melaju ke fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Bersama Irak.

Topik Lain :  Malaysia Masters 2023: Leo/Daniel Habis di Semifinal, Dibekap Man/Tee dari Malaysia

Indonesia tercatat belum pernah melangkah ke fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia. Capaian terbaik diraih pada 1986 yang hanya lolos sampai fase kedua. Di fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia bakal tampil dalam format tiga grup dari 18 negara. Setiap grup bakal berisi enam negara, dan dua peringkat teratas grup dipastikan meraih tiket lolos ke Piala Dunia 2026, yang digelar di tiga negara; Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Sampai Selasa (11/6) tercatat sudah 15 negara lolos ke fase ketiga, sekaligus jadi calon lawan Indonesia. Berikut daftarnya:

1. Arab Saudi
2. Australia
3. Bahrain
4. Cina
5. Indonesia
6. Irak
7. Iran
8. Jepang
9. Korea Selatan
10. Oman
11. Palestina
12. Qatar
13. Uni Emirates Arab
14. Uzbekistan
15. Yordania