Long Weekend Idul Adha, Volume Pelanggan Melonjak 66 Persen

Bisnis189 Views

GITULAH.COM — PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat lonjakan volume pelanggan pada periode memasuki long weekend Idul Adha yakni Selasa (27/6). Terdapat sebanyak 159.838 pelanggan KA Jarak Jauh. Angka ini meningkat 66 persen dibanding Selasa pekan sebelumnya (tanggal 20 Juni) yang berjumlah 96.416 pelanggan.

“Adapun berdasarkan pantauan pada Rabu (28/6), total tiket KA Jarak Jauh yang terjual pada periode long weekend Idul Adha yakni Selasa (27 Juni) s.d Minggu (2 Juli) yaitu sebanyak 703.431 tiket atau rata-rata 117.238 tiket per hari. Jumlah tersebut 93 persen dari total keseluruhan tiket KA Jarak Jauh yang tersedia sebanyak 754.450 tiket,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Sejauh ini rute favorit masyarakat pada periode long weekend tersebut adalah Jakarta – Bandung pp, Jakarta – Purwokerto pp, Jakarta – Surabaya pp, Medan – Tanjungbalai pp, Yogyakarta – Banyuwangi pp, Bandung – Surabaya pp, dan relasi lainnya.

Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

Pada periode long weekend Idul Adha 2023 yakni Selasa (27 Juni) s.d Minggu (2 Juli), KAI mengoperasikan 1.340 Kereta Api Jarak Jauh. Terdapat penambahan 18 perjalanan KA dibanding pekan sebelumnya yaitu Selasa (20 Juni) s.d Minggu (25 Juni) sebanyak 1.322 perjalanan KA.

KA-KA yang ditambah perjalanannya yaitu KA Argo Parahyangan (Gambir – Bandung pp), KA Manahan (Gambir – Solo Balapan pp), KA Pandalungan (Gambir – Jember pp), KA Sancaka (Yogyakarta – Surabaya Gubeng pp), dan KA Kaligung (Semarang Poncol – Cirebon Prujakan pp).

Topik Lain :  Pilihan Saham untuk Perdagangan 26 September 2023

KAI mengimbau kepada pelanggan agar mengalokasikan waktu yang cukup saat menuju ke stasiun keberangkatan. Hal ini sebagai upaya agar pelanggan tidak tertinggal keretanya. Mengingat kepadatan jalan raya yang cenderung semakin meningkat di momen libur panjang seperti saat ini.

“Kami berkomitmen memastikan perjalanan kereta api khususnya di momen long weekend Idul Adha ini dapat berjalan dengan selamat, aman, lancar, tertib, dan terkendali,” kata Joni.