Singapore Open 2023: Menakar Peluang Fajar/Rian Merebut Gelar Juara

Arena285 Views

GITULAH.COM — Pasangan ganda putra bulu tangkis nomor satu dunia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memulai langkah mereka di Turnamen BWF World Tour Singapore Open 2023 Selasa (6/6) hari ini. Seberapa besar peluang mereka mampu merebut gelar juara di sini?

Setelah hasil yang mengecewakan bagi publik bulu tangkis nasional di Malaysia Masters 2023 dua pekan lalu, Fajar/Rian berjanji siap bertarung kembali dan tampil maksimal di Singapura. Persiapan sekitar sepuluh hari menjadikan mereka lebih segar dan memiliki waktu cukup untuk melakukan evaluasi kegagalan di Kuala Lumpur.

Sebagaimana diketahui, Fajar/Rian langsung tersingkir di babak pertama Malaysia Masters 2023. Diunggulkan di tempat pertama, mereka dikalahkan Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae (Korsel) dalam dua gim langsung 16-21, 19-21. Kang/Seo akhirnya menjadi juara di turnamen Super 500 ini.

Melihat drawing pertandingan, semestinya Fajar/Rian baru akan menemui lawan berat di perempat final. Di babak pertama yang akan digelar Selasa (6/6) siang ini, Fajar/Rian yang menjadi unggulan pertama akan ditantang oleh pemain nomor 18 dunia Ben Lane/Sean Vendy (Inggris).

Dalam tiga pertemuan yang sudah mempertemukan kedua pasangan, Fajar/Rian memang masih kalah 1-2. Pertemuan terakhir terjadi di Prancis Open pada Oktober tahun lalu yang dimenangkan oleh Lane/Vendy di babak 16 besar. Sedangkan, Fajar/Rian mencatat kemenangan di perempat final Kejuaraan Dunia pada Agustus tahun yang sama.

Catatan menang-kalah Fajar/Rian tahun ini jauh lebih bagus ketimbang Lane/Vendy. Selama setengah tahun ini Fajar/Rian sudah bertanding 28 kali dengan 22 menang, 6 kalah. Sementara, Lane/Vendy baru bertanding 18 kali dengan 8 menang dan 10 kalah.

Melihat catatan tersebut, Fajar/Rian lebih berpeluang besar untuk menang atas Lane/Vendy.  Bila sesuai prediksi, di babak kedua pun Fajar/Rian belum menemui lawan berat. Dia akan ditunggu oleh Lucas Corvee/Ronan Labar (Prancis) atau MR Arjun/Dhruv Kapila (India). Terhadap kedua pasangan itu Fajar/Rian belum pernah kalah. Kali ini pun seharusnya bisa menang lagi.

Topik Lain :  SEA Games 2021: Apri/Fadia Sempurnakan Debut dengan Gelar Juara

Barulah di perempat final lawan berat sudah menanti Fajar/Rian. Di sini mereka kemungkinan akan bertemu dengan Liang Wei Keng/Wang Chang (Cina). Liang/Wang yang baru saja menjadi juara di Thailand Open pekan lalu, sudah kalah 2 kali dalam 3 pertemuan dengan Fajar/Rian. Pertemuan terakhir tahun ini di final Malaysia Open 2023 yang dimenangkan oleh Fajar/Rian.

Menghadapi Liang/Wang, Fajar/Rian harus gaspol sejak awal gim. Mereka jangan membiarkan ganda Cina itu bisa menekan duluan dan mendominasi permainan.

Bila lolos dari perempat final, lawan berikutnya bagi Fajar/Rian di semifinal kemungkinan besar adalah Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) atau Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (Cina).Di sinilah tantangan berat berikutnya bagi Fajar/Rian. Dalam tujuh pertemuan dengan Aaron/Soh yang berperingkat 3 dunia, Fajar/Rian menang tiga kali. Sedangkan, dalam 5 pertemuan dengan Liu/Ou yang peringkat 2 dunia, Fajar/Rian menang dua kali.

Semoga saja Aaron/Soh bisa dijegal oleh Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di babak 16 besar. Begitu pula Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin mampu menghadang Liu/Ou juga di 16 besar. Bila ini terjadi, maka bukan tidak mungkin terjadi perempat final dan semifinal sesama Indonesia. Bahkan, terbuka peluang all Indonesia finnal.

Singapore Open akan menjadi ajang pembuktian bagi Fajar/Rian bahwa mereka memang layak menyandang peringkat satu dunia. (Nurul Hamami)