Final Sepak Bola SEA Games 2023: Indonesia Rebut Emas dalam Laga Emosional

Arena, Sepak Bola256 Views

JAKARTA — Indonesia merebut medali emas sepak bola SEA Games Kamboja 2023 setelah pada laga final yang emosional mengalahkan Thailand 5-2 dalam 120 menit di Stadion Nasional Olimpiade, Pnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5) malam.

Ini merupakan gelar yang lama ditunggu-tunggu oleh publik sepak bola nasional dalam 32 tahun terakhir. Indonesia kali terakhir menjadi juara sepak bola SEA Games adalah pada 1991 di Mnila, Filipina. Kala itu Thailand juga yang dikalahkan dalam drama adu penalti.

Pertandingan Indonesia versus Thailand kali ini juga terpaksa harus melalui perpanjangan 2 kali 15 menit setelah pada waktu normal 2 kali 45 menit kedudukan imbang 2-2.

Duel kedua kesebelasan berlangsung sangat emosional. Hujan kartu mewarnai partai puncak tersebut. Tercatat sepuluh kartu kuning keluar serta empat kartu merah dari wasit asal Oman.

Pertandingan pun sempat terhenti sekitar sepuluh menit setelah Irfan Jauhari membawa Indonesia unggul 3-2 di awal perpanjangan waktu yang pertama. Usai gol, entah dari mana mulainya, terjadi kericuhan antara ofisial kedua tim yang juga melibatkan pemain.

Atas insiden itu wasit mengeluarkan dua kartu merah masing-masing untuk pemain Indonesia Komang Teguh serta penjaga gawang Thailand. Dua ofisial Thailand serta satu dari Indonesia juga mendapat kartu merah.

Sebelum perpanjangan waktu, situasi yang emosional juga terjadi ketika di ujung tambahan waktu delapan menit babak kedua, kubu Indonesia sudah melakukan selebrasi kemenangan 2-1 ketika peluit dibunyikan wasit. Namun, peluit ditiup justru untuk tendangan bebas bagi Thailand.

Saat itulah pemain Thailand melakukan serangan cepat dari tendangan bebas yang mengarah ke gawang Ernando. Seorang pemain Thailand, Yotsakon, lepas dari kawalan dan mampu menjebol gawang Indonesia. Skor pun berubah 2-2 dan bersamaan habisnya waktu normal.

Topik Lain :  India Open 2024: Ginting dan Jojo Catat Kemenangan Pertama

Di perpanjangan waktu Indonesia menambah tiga gol kemenangan masing-masing melaui Irfan, Fajar Fathurrahman, dan Beckham Putra.

Sebelum Thailand mampu menyamakan kedudukan 2-2 di waktu normal, Indonesia sudah lebih dulu unggul 2-0 yang kesemua golnya diborong oleh Muhammad Ramadhan Sananta di babak pertama. Sedangkan, dua gol Thailand dicetak oleh Anan Yodsangwal dan Yotsakon.

Selain merebut emas sepak bola SEA Games di 2023 dan 1991, Indonesia kali pertama menjadi kampiun pada SEA Games 1987 di Jakarta.