Shin Tae-yong Minta Maaf, ‘Pekerjaan Benahi Timnas Indonesia Belum Selesai’

Sepak Bola247 Views

JAKARTA — Shin Tae-yong menyampaikan permintaan maaf setelah tim nasional Indonesia yang diasuhnya gagal melaju ke final Piala AFF 2023.

Skuat Garuda harus mengakui keunggulan Vietnam di babak semifinal. Setelah bermain imbang 0-0 pada pertemuan pertama di Jakarta, Indonesia kalah 0-2 di leg kedua yang berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Senin (9/1).

Ini jadi kegagalan kedua Shin Tae-yong di Piala AFF. Di edisi sebelumnya, pada Piala AFF 2020 yang digelar tahun 2021, Indonesia hanya menjadi runner-up setelah kalah agregat 2-6 dari Thailand.

“Kami kalah dan saya ingin meminta maaf kepada semua suporter Timnas Indonesia. Saya pikir Vietnam bermain bagus. Saya mengucapkan selamat kepada mereka karena menang dan menjaga gawangnya tidak kebobolan,” kata Shin Tae-yong, seperti dikutip dari laman resmi PSSI, pssi.org.

Shin Tae-yong menilai bahwa kekalahan dari Vietnam ini menunjukkan kalau pekerjaannya membenahi Timnas Indonesia belum selesai. Dia optimistis sepak bola Indonesia punya potensi untuk terus berkembang ke arah positif.

“Saya pikir sepak bola Indonesia masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk maju,” tambah pelatih asal Korsel ini.

Dia menilai para pemainnya belum terbiasa dengan kualitas lapangan Stadion My Dinh yang dinilai tidak sebaik di SUGBK. Ini menyebabkan Skuat Garuda kesulitan mengembangkan permainan.

“Vietnam sudah terbiasa bermain di stadion ini, sedangkan kami masih merasa asing. Saya juga selalu mengingatkan para pemain untuk berhati-hati terutama di 5 menit pertama dan 5 menit terakhir. Untuk gol pertama, kiper kami Nadeo salah membaca situasi, sedangkan di gol kedua kami kehilangan fokus dalam menjaga para pemain Vietnam.”

“Selain itu kami juga tidak beradaptasi dengan baik hari ini. Saat SEA Games kami bermain di sini dan lapangannya lebih baik dari sekarang. Di leg pertama kami bermain bagus di atas rumput indah Stadion GBK,” jelas Shin Tae-yong.

Topik Lain :  Papua Football Academy Meluluskan 24 Talenta Angkatan Pertama