Tidak Hanya Kaya Protein, Ini 9 Manfaat Makan Telur untuk Sarapan bagi Kesehatan

Santai91 Views

 

Mana yang lebih dulu ayam atau telur? Kita mungkin tidak pernah tahu, tapi kita tahu ada banyak alasan untuk menjadikan telur sebagai bagian penting dari diet Anda.

 

GITULAH.COM – Telur telah menjadi makanan pokok sejak dahulu kala dan ada alasan bagus mengapa telur terus hadir dalam menu dan makanan kita. Mereka tidak hanya menawarkan variasi kuliner – telur rebus, omelet, telur rebus, dan masih banyak lagi – mereka juga merupakan sumber protein, kalsium dan beberapa vitamin dan nutrisi. Seperti dilansir keckmedicine, berikut adalah beberapa manfaat memasukkan telur ke dalam makanan Anda.

1. Ini adalah makanan yang bergizi.

Meskipun ukurannya relatif kecil, telur mengandung banyak nutrisi dan dapat menjadi makanan pokok yang penting dalam pola makan seimbang.

Satu butir telur rebus berukuran besar memiliki sekitar 77 kalori dan mengandung:

  • Vitamin A, B5, B12, D, E, K, B6
  • Folat
  • Fosfor
  • Selenium
  • Kalsium
  • Seng
  • Enam gram protein
  • Lima gram lemak sehat

“Telur merupakan sumber protein yang baik (baik putih/kuningnya). Mereka juga mengandung lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung dan merupakan sumber nutrisi penting, seperti vitamin B6, B12, dan vitamin D,” kata Kurt Hong, MD , spesialis penyakit dalam di Keck Medicine of USC .

2. Makan kolesterol mempengaruhi orang yang berbeda, dengan cara yang berbeda.

Ya, memang benar telur – khususnya kuning telur – mengandung kolesterol tinggi . Satu butir telur besar mengandung sekitar 186 mg kolesterol makanan. Namun, sebelum menghilangkan telur dari menu, ada baiknya menelusuri pedoman diet yang diberikan oleh Departemen Pertanian AS (USDA). Sebuah penelitian menunjukkan bahwa telur tidak meningkatkan kolesterol sama sekali pada sekitar 70% orang. Menurut peneliti, kolesterol dalam makanan tidak serta merta meningkatkan kolesterol dalam darah. 30% sisanya, yang disebut “hiper responden”, dapat meningkatkan kolesterol total dan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) secara ringan dengan mengonsumsi telur.

Topik Lain :  Nasi Timbel Komplit Mantab, Kuliner di Puncak Bogor

“Seperti halnya makanan apa pun, kuncinya adalah konsumsi dalam jumlah sedang,” kata Hong, yang juga seorang profesor kedokteran klinis di Keck School of Medicine of USC.

3. Telur meningkatkan kolesterol baik.

Makan telur menyebabkan peningkatan kadar high-density lipoprotein (HDL), yang juga dikenal sebagai kolesterol “baik”. Orang yang memiliki tingkat HDL lebih tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, stroke , dan masalah kesehatan lainnya. Menurut sebuah penelitian , makan dua butir telur sehari selama enam minggu meningkatkan kadar HDL sebesar 10%.

4. Dapatkan kolin.

Kolin adalah vitamin yang larut dalam air yang sering dikelompokkan dengan vitamin B. Ini digunakan untuk membangun membran sel dan membantu menghasilkan molekul pemberi sinyal di otak. Satu butir telur rebus mengandung sekitar 147 mg kolin, yaitu 27% dari nilai harian yang direkomendasikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).

5. Telur membantu menjaga penglihatan Anda.

Seiring bertambahnya usia, kita perlu merawat mata kita dengan lebih baik. Kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin dalam jumlah besar , antioksidan bermanfaat yang membantu mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula pada mata. Telur juga tinggi vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata.

6. Beberapa telur lebih baik untuk Anda.

Omega-3 membantu mengurangi trigliserida, yaitu sejenis lemak lipid dalam darah. Itu sebabnya mengonsumsi telur yang diperkaya Omega-3 bisa menjadi pilihan, terutama jika Anda tidak menyukai makanan lain (ikan, kacang-kacangan, biji-bijian) yang kaya akan Omega-3 secara alami. (Jika kadar trigliserida Anda di bawah 150, Anda baik-baik saja; 150-199 adalah batas tinggi; 200-499 tinggi; dan 500 ke atas dianggap sangat tinggi.)

7. Dapatkan cukup protein dan asam amino.

Mendapatkan cukup protein dalam makanan kita adalah cara penting untuk membantu kesehatan tubuh kita. Setiap telur mengandung sekitar enam gram protein, serta asam amino yang bermanfaat. Mendapatkan porsi protein setiap hari dapat membantu pengelolaan berat badan, meningkatkan massa otot, menurunkan tekanan darah , dan juga membantu tulang kita.

Topik Lain :  Menyusuri Surga Belanja di 'Jalan Pabrik Tepung'

8. Tidak buruk bagi jantung.

Terlepas dari apa yang diyakini pada dekade-dekade sebelumnya, tidak ada hubungan langsung antara konsumsi telur dan penyakit jantung atau stroke. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa penderita diabetes yang makan telur meningkatkan kemungkinan terkena penyakit jantung. Orang yang mengikuti diet rendah karbohidrat dan makan telur memiliki peluang lebih kecil terkena penyakit jantung , menurut beberapa penelitian.

9. Ini adalah makanan yang mengenyangkan.

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa makan telur untuk sarapan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama – hal ini umumnya disebabkan oleh tingginya kandungan protein dalam telur. Baik Anda menyantap telur dadar untuk sarapan atau telur rebus sebagai camilan, telur dapat membantu Anda tetap kenyang setelah atau di antara waktu makan.