by

Megawati Belum Mau Umumkan Bakal Capres dari PDIP, Ada Apa?

JAKARTA — Semula banyak orang mengira Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan bakal calon presiden untuk Pilpres 2024 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan pada HUT ke-50 partai tersebut Selasa (10/1). Namun, sampai habis acara yang dihelat di JiExpo, Kemayoran, Jakarta, tak keluar dari mulutnya siapa sosok yang dinanti-nanti itu.

Mega menyebut banyak pihak yang menunggu pengumuman bakal capres yang akan didung partainya pada acara HUT PDIP . Dirinya belum mau membuka nama capres dari partai yang dipimpinnya.

Seperti selalu dia tegaskan selama ini, Mega mengulang kembali bahwa penetapan bacapres yang diusung PDIP merupakan kewenangannya selaku ketua umum partai, sesuai hasil kongres PDI-P pada 2019 lalu. “Sekarang nungguin, enggak ada, ini urusan gue,” kata Megawati.

Apakah akan diumumkan pada kesempatan ulang tahun le-76 Mega pada Senin (23/1) mendatang? Tidak juga. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto memastikan bahwa pengumuman bacapres dari partainya tidak akan mengambil momentum ultah Mega pada Senin (23/1).

Hasto mengatakan, di hari ultahnya, Mega hanya akan berkumpul dengan kekuarga dan lingkaran terdekatnya, tanpa melakukan aktivitas politik. “Di dalam ultah Ibu Megawati Soekarnoputri nanti hanya internal, hanya keluarga dan tidak ada peristiwa politik yang khusus terkait ultah beliau,” kata Hasto kepada media.

Presiden Joko Widodo dalam pidatonya di acara HUT PDIP itu mengaku senang Mega tidak buru-buru mengumumkan nama bacapres yang bakal diusung pada Pilpres 2024. Sikap Megawati itu menggambarkan ketenangan, kata dia.

“Bu Mega, dalam memutuskan betul-betul sangat hati-hati, tenang, tidak grusa-grusu seperti yang lain. Didesak dari mana pun tidak goyah, meski namanya sudah dikantong Bu Mega,” kata Jokowi, terkait belum diumumkannya bacapres dari PDIP oleh Mega..

Topik Lain :  Hasil Survei LSI Januari 2023: Preferensi Publik, Ganjar Lebih Menonjol dari Anies dan Prabowo

Jokowi mengaku senang saat mengetahui bahwa bacapres yang akan diumumkan Mega berasal dari PDIP. Dia yang juga kader partai tersebut mengaku akan sabar menunggu Mega mengumumkan nama bacapres pilihannya.

“Kita semua sabar menunggu yang akan beliau sampaikan pada saatnya dengan kalkukasi yang dibuat Bu Mega,” ujar Jokowi.