Forum Anak Depok Sampaikan 11 Aspirasi pada Peringatan HAN dan Harganas 2022

Megapolitan217 Views

DEPOK — Perwakilan 11 anggota Forum Anak Kota Depok menyampaikan sejumlah aspirasi yang dirangkum melalui Suara Anak Depok kepada Pemerintah Kota Depok. Aspirasi tersebut mereka sampaikan saat Peringatan Puncak Hari Anak Nasional (HAN) dan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tingkat Kota 2022 di Alun-alun Kota Depok, Selasa (23/8).

Buti Adia Darma yang memimpin forum tersebut menjelaskan, aspirasi berasal dari hasil pengumpulan suara anak yang dilakukan forum anak sejak awal Juni lalu. Masing-masing kecamatan menyampaikan aspirasi sesuai kebutuhan anak-anak.

“Kami perwakilan 11 kecamatan menyampaikan aspirasi untuk Pemkot Depok, semoga suara anak Depok dapat kembali diakomodasi oleh pemerintah seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Buti seperti dikutip laman resmi Pemkot Depok, berita.depok.go.id.

Masing-masing perwakilan forum anak di 11 kecamatan menyampaikan aspirasinya secara bergantian di hadapan Wali Kota Depok, Mohammad Idris; Bunda Forum Anak Depok, Elly Farida; Ketua DPRD Kota Depok, Teuku Muhammad Yusufsyah Putra; pimpinan instansi vertikal, dan kepala perangkat daerah.

Ada enam suara anak Depok yang telah diakomodasi oleh Pemerintah Kota Depok. Di antaranya Sistem Edukasi Mobil Ramah Anak (Simora), Musrenbang Anak, pembangunan taman kelurahan, penyediaan pusat kreativitas anak dan pelatihan seni budaya di kelurahan, upaya percepatan kepemilikan Kartu Indonesia Anak (KIA), serta penurunan stunting.

“Terima kasih kepada Pak Wali Kota Depok, Wakil Wali Kota Depok, Sekretaris Daerah Kota Depok, dan DP3AP2KB yang telah mengakomodasi suara kami,” tandasnya.

Adapun 11 aspirasi yang disampaikan oleh forum anak melalui Suara Anak Depok Tahun 2022 yaitu:

1. Cimanggis : Memperbanyak informasi layak anak serta menutup atau mempersulit akses pornografi kepada anak-anak.

2. Bojongsari : Memperkenalkan kembali aplikasi yang mempermudah pembuatan Akta, KK, dan KIA.

Topik Lain :  KAI Berikan Penawaran Menarik Melalui Tarif Reduksi, Tarif Khusus, Hingga Tarif Subkelas

3. Sawangan : Memperbanyak fasilitas bagi penyandang disabilitas, seperti penyeberangan yang aman dan ramah bagi disabilitas.

4. Tapos: Menekan angka seks pranikah dan pendewasaan usia pernikahan.

5. Pancoran Mas : Mempertegas kembali Peraturan Daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok.

6. Cinere : Memperbanyak sertifikasi Ruang Bermain Ramah Anak

7. Sukmajaya: Memperbanyak Bank Sampah dan Memperkenalkan Bank Sampah kepada anak-anak.

8. Cipayung : Pembangunan fasilitas sekolah negeri yang merata di Kota Depok.

9. Cilodong: Meningkatkan kolaborasi berbagai unsur seperti kepolosan, sekolah, orang tua, masyarakat, dan media untuk mengedukasi bahaya membawa kendaraan bermotor, dan mempertegas sistem pelarangannya.

10. Limo : Mempertegas sistem pelarangan mempekerjakan anak-anak sehingga mereka mendapatkan haknya, dengan cara menyediakan fasilitas untuk keberlangsungan hidupnya.

11. Beji : Memperketat keamanan dan memberikan sanksi tegas bagi para pelaku tawuran, bullying, tindakan pelecehan kekerasan seksual, penculikan dan tindakan kekerasan lainnya.