ASEAN Para Games 2022 Resmi Ditutup, Indonesia Juara Umum

Arena258 Views

SOLO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menutup ASEAN Para Games 2022 di Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (6/8). Dalam prosesi penutupan, Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana dan cucu pertama Jan Ethes Srinarendra.

“Dengan mengucap puji syukur kepada Allah SWT, Alhamdulillahirabbil ‘alamin, ASEAN Para Games ke-11 Tahun 2022 saya nyatakan ditutup malam hari ini. Sampai jumpa di ASEAN Para Games ke-12 Tahun 2023 di Kamboja,” kata Presiden Jokowi, seperti ditayangkan secara langsung kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi menyampaikan Indonesia sangat bangga dapat menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Jokowi juga menyampaikan terima kasih pada sekitar 1.248 atlet dari negara-negara ASEAN yang telah berpartisipasi. “Terima kasih telah memberikan pesan bahwa keterbatasan dan kesulitan bukanlah halangan. Dengan komitmen dan kerja keras, disabilitas mampu mencetak sejuta prestasi,” ujarnya.

Di gelaran tahun ini, kontingen Indonesia mampu melampaui target dan keluar sebagai juara umum pada gelaran ASEAN Para Games 2022 dengan torehan 171 medali emas, 139 perak dan 110 perunggu. Sebelumnya, Indonesia hanya menargetkan mampu menjadi juara umum dengan torehan medali minimal 104 medali emas. Secara keseluruhan, tahun ini merupakan kali ketiga Indonesia menjadi juara umum ASEAN Para Games setelah raihan yang sama pada 2014 di Naypyidaw, Myanmar, dan 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Topik Lain :  Tren Positif Gregoria Mariska Tunjung dalam Tiga Bulan Terakhir