Korea Terbuka 2022: Jonatan Perlu Waktu 77 Menit Taklukkan Kunlavut

Arena226 Views

JAKARTA — Laga panjang selama 77 menit harus dilakoni Jonatan Christie sebelum menghentikan perlawanan pebulu tangkis Thailand Kunlavut Vitidsarn di babak perempat final turnamen bulu tangkis Korea Terbuka 2022. Bertanding di Palma Indoor Stadium, Suncheon, Jumat (8/4), Jojo, sapaan akrab Jonatan, menang rubber gim 8-21, 21-17, 21-19.

Jojo mengawali pertandingan dengan cukup lambat, ia tertinggal 0-8 dan 4-11 di gim pertama sebelum kalah 8-21. Di gim kedua, Jojo juga belum mampu bangkit di saat interval, 6-11. Setelah interval Jojo mulai menyalak, pelan-pelan ia mampu menipiskan jarak lalu mengambil tempo di angka 12-16 dengan meraih enam angka beruntun 18-16 dan menang 21-17.

Di gim ketiga Jojo lagi-lagi tertinggal di interval 7-11, tapi berkat semangat pantang menyerah, stamina yang prima dan strategi yang tepat Jojo berhasil membuat Kunlavut kewalahan di sisa pertandingan.

“Pertandingan hari ini memang tidak mudah, ini sudah turnamen keempat buat saya dan pasti kondisi cukup terkuras. Di gim pertama jujur agak tertekan karena dia terlihat prima, tapi Puji Tuhan saya bisa berusaha untuk terus berjuang dan memenangkan pertandingan,” kata Jojo setelah laga, seperti dikutip dari laman resmi PBSI, pbsi.id.

“Di gim kedua dan ketiga saya selalu tertinggal di interval tapi balik lagi berkat kemurahan Tuhan saya bisa punya kekuatan dan tenaga tambahan untuk mengejar dan balik unggul. Juga dikasih ketenangan dan fighting spiritnya keluar,” sambungnya.

Bagi Jojo ini adalah kemenangan dua kali beruntun melawan Kunlavut. Terakhir mereka bertemu di babak pertama ajang All England 2022. Saat itu, Jojo unggul 21-13, 24-22.

“Sebelumnya bertemu di All England kan lapangannya berangin. Jadi strategi yang digunakan adalah strategi menyerang. Sementara di sini lapangan dan bolanya berat, jadi saya coba untuk menghabiskan stamina dia dulu, tunggu kesempatan baru menyerang,” jelas Jojo.

Topik Lain : 

Peraih medali emas Asian Games 2018 ini sudah ditunggu wakil India Srikanth Kidambi di babak semi final. Pertemuan ini menjadi ulangan Swiss Terbuka 2022 yang dimenangkan oleh Jojo.

“Kondisi lapangan di sini tidak jauh berbeda dengan di Swiss jadi saya besok akan coba melakukan pendekatan strategi yang sama. Sekarang fokus dulu untuk pemulihan stamina,” tutup Jojo.

Sayang langkah Jojo tidak bisa diikuti sang kolega Shesar Hiren Rhustavito yang menyerah di tangan wakil Denmark, Victor Svendsen 14-21, 12-21.